Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Low Emission Zone Kota Tua Resmi Berlaku, Dua Rute Mikrotrans Dimodifikasi

Kompas.com - 08/02/2021, 18:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta melakukan modifikasi dua rute layanan Mikrotrans yang beroperasi di kawasan Kota Tua Jakarta Barat.

Modifikasi dilakukan seiring dengan telah diterapkannya sistem Low Emission Zone (LEZ) atau kawasan rendah emisi secara resmi di Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Barat, mulai Senin (08/02/2021).

Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi mengatakan, modifikasi ini dilakukan agar mobilitas masyarakat yang sudah biasa menggunakan kedua rute tersebut bisa tetap dilayanani dengan baik.

Adapun rute yang mengalami dimodifikasi diantaranya yaitu Rute Tanah Abang-Kota (JAK 10) dan Tanah Abang-Jembatan Lima (Jak 13).

Baca juga: Gelar Pahlawan Transportasi Anies Baswedan...

Adapun untuk Rute Tanah Abang-Kota mengalami pengalihan jalur untuk arah Stasiun Kota, sementara rute arah sebaliknya tetap beroperasi secara normal.

Untuk detail pengalihannya yaitu dari Tanah Abang - Setelah lampu merah Kota lurus ke Jl. Asemka - Belok kanan ke Jl. pintu kecil – Jl. Roa Malaka Selatan - Lurus ke Jl. Roa Malaka Utara – Jl. Kali Besar Barat – kembali jalur normal.

Selanjutnya, untuk Rute Tanah Abang-Jembatan Lima (Jak 13) juga dilakukan pengalihan rute untuk di kedua arah tersebut.

Detail pengalihan dari arah Tanah Abang yaitu Jembatan Lima-Setelah lampu Kota belok kanan ke Jl. Asemka-Belok kanan ke Jl. Pintu Kecil-Belok kiri ke Jl. Kopi-kembali ke jalur normal.

Sementara dari arah Jembatan Lima detail rute pengalihannya yaitu Tanah Abang-setelah Jl. Pintu Kecil-lanjut ke Jl. Roa Malaka Selatan-lurus hingga Jl. Roa Malaka Utara-lanjut Jl. Kalibesar Barat-kembali ke jalur normal.

Baca juga: Lima Alasan Orang Membenci Transportasi Umum

Prasetia mengatakan dengan adanya pengalihan rute tersebut, maka bus stop atau halte yang tidak dilewati oleh kedua rute di atas sebagai berikut: Bus stop Bank BNI, Bus stop Jembatan dan Bus stop Kali Besar Barat.

Meski demikian, Prasetia tetap mengimbau masyarakat agar dapat beraktifitas di rumah (WFH).

Jika ada keperluan mendesak dan mengharuskan ke luar rumah, maka pastikan untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Hal penting lain dari Transjakarta adalah info teranyar mengenai launching aplikasi Tije.

Baca juga: Aplikasi Tije versi Baru Dilengkapi 6 Fitur Ramah Kesehatan

Prasetia menyebut, penumpang Transjakarta saat ini dapat memanfaatkan aplikasi Tije untuk mengetahui informasi seputar jadwal, dan rute Transjakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com