Kompas.com - 03/02/2021, 17:00 WIB
Rumah pompa tanggul rob Pekalongan, Jawa Tengah. Kementerian PUPRRumah pompa tanggul rob Pekalongan, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Infrastruktur Pengendalian Banjir dan Rob Pekalongan ditargetkan rampung akhir tahun 2021.

Pembangunan tanggul bertujuan untuk mengeringkan kawasan yang selama ini selalu tergenang rob, serta memisahkan antara zona pemukiman penduduk yang kering dan zona tambak yang dibiarkan tergenang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dengan ketinggian tanggul rob yang tepat diharapkan dapat bermanfaat untuk jangka waktu panjang.

"Biasanya polder itu berbentuk kolam, tetapi karena berada di wilayah permukiman dan tambak, kita buat long storage dimana pada bagian ujungnya kita pasang pompa," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (03/02/2021).

Baca juga: Konstruksi Tiga Tanggul di Luwu Utara Capai 64,83 Persen

Menurut Basuki, pembangunan tanggul rob ini menggunakan sistem polder berupa long storage dengan tanggul pembatas sepanjang 7,2 kilometer.

Pada bangunan tanggul tersebut terdapat pompa yang dipasang sebanyak 7 x 2 meter kubik per detik atau 14 meter kubik per detik yang melayani tangkapan area seluas 35 ribu hektar.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Adek Rizaldi mengatakan, pihaknya telah meletakkan beberapa rumah pompa di sepanjang jalur tanggul.

Rumah pompa yang telah dipasang yaitu di Silempeng dengan kapasitas 2 x 2.000 liter per detik, lalu di Sengkarang 3 x 2.000 liter per detik, dan di Pabean dengan kapasitas 2 x 2.000 liter per detik.

Untuk saat ini juga tengah diselesaikan tambahan satu rumah pompa di Mrican sebanyak 3 unit pompa yang masing-masing berkapasitas 2.000 literper detik.

"Saat ini progresnya sebesar 46% dan ditargetkan rampung akhir tahun 2021," ujar Adek.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.