Melongok Kesiapan Pelabuhan di Sumut Menyambut Pemudik dan Pelancong

Kompas.com - 23/12/2020, 19:57 WIB
Petugas memantau penerapan Social Distancing pada antrian penumpang yang hendak memasuki gate keberangkatan di salah satu terminal penumpang yang dikelola Pelindo 1, Rabu (23/12/2020) Dok: Pelindo 1Petugas memantau penerapan Social Distancing pada antrian penumpang yang hendak memasuki gate keberangkatan di salah satu terminal penumpang yang dikelola Pelindo 1, Rabu (23/12/2020)

MEDAN, KOMPAS.com - Jelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R Sabrina meninjau dua pelabuhan di Danau Toba.

Tinjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kelayakan pelabuhan dan armada menghadapi pemudik dan pelancong.

Kedua pelabuhan yang dikunjungi adalah Tigaras di Kabupaten Simalungun dan Simanindo di Kabupaten Samosir.

Intensitas kedua pelabuhan ini cukup tinggi saat hari-hari besar. Renovasi yang sedang berlangsung, menurut Sabrina, akan sedikit membuat tidak nyaman para pengguna, karena  pelabuhan tetap beroperasi seperti biasa.

Dia juga memeriksa dua kapal feri yang beroperasi di dua pelabuhan tersebut, KMP Sumut 1 dan KMP 2. Saat ini yang beroperasi hanya KMP Sumut 1 karena kapal yang satu lagi masih dalam tahap renovasi.

Kesiapan feri dinilai sudah baik. Sabrina lihat keamanannya juga sudah terpenuhi seperti life jacket, sekoci dan lainnya.

Baca juga: Rambah Bisnis E-Logistic, Pelindo Jadi Pionir di BUMN Pelabuhan

"Saat ini KMP Sumut 2 sedang direnovasi dan sudah 97 persen, tinggal finishing. Mudah-mudahan selesai segera dan bisa kita gunakan pada Natal dan Tahun Baru," kata Sabrina dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/12/2020).

Walau begitu, Sabrina mengimbau masyarakat tidak mudik pada akhir tahun untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Masyarakat pun diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas.

"Kalau tak perlu kali, tak usah mudik. Bila harus, disiplin 3M untuk memastikan kita tidak membawa Covid-19 ke kampung halaman," ucapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X