Kompas.com - 18/03/2019, 13:00 WIB
Pelabuhan Sibolga Dok. Kementerian PerhubunganPelabuhan Sibolga

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Pelabuhan Sibolga di Kecamatan Sibolga Sambas, Sumatera Utara pada Minggu (17/3/2019).

Sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melakukan pengembangan dermaga multipurpose dengan panjang keseluruhan mencapai 153 meter dan lebar 31,5 meter dengan panjang tambatan 405 meter.

Selain itu, Pelindo I juga melakukan perkuatan dermaga eksisting serta perluasan dermaga ferry seluas 400 meter persegi.

Baca juga: Desain Pelabuhan Sibolga Dianggap Terbaik se-Asia Pasifik

Pelabuhan Sibolga dapat disandari oleh 4 kapal besar hingga berukuran 6.000 GT. Fasilitas lain yang ditambahkan yakni container yard dengan kapasitas 20.000 TEUs per tahun, perkuatan trestle dan breasting dolphine.

-Dok. Kementerian Perhubungan -
Untuk menunjang kualitas dan kecepatan pelayanan bongkar muat dan kegiatan eksor impor, Pelabuhan Sibolga juga didukung peralatan bongkar muat berupa peralatan fix craine berkapasitas 40 ton.

Selain itu, terminal penumpang pelabuhan ini juga ditata menjadi 2 lantai dan dilengkapi dengan rooftop seluas 2.786 meter persegi.

Terminal ini dapat menampung hingga 500 penumpang.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, desain Pelabuhan Sibolga tergolong unik karena dapat mengakomodasi kegiatan bogkar muat dan penumpang secara berdekatan.

-Dok. Kementerian Perhubungan -
"Pelabuhan ini memang unik karena kegiatan bongkar muat dan penumpang itu sangat berdekatan. Saya pikir ini suatu desain yang baik. Menyelesaikan masalah penumpang, menghindari crossing, tapi tetap bisa mengakomodasi kegiatan bongkar muat," tutur Budi seperti dikutip dari laman Kementerian Perhubungan.

Terminal pnumpang dan dermaga pelabuhan terhubung oleh skybridge yang dibangun sepanjang 150 meter.

Bahkan saat peresmian, Jokowi mengatakan Pelabuhan Sibolga menang sebagai desain pelabuhan terbaik di Asia Pasifik.

Ke depannya, Pelabuhan Sibolga tidak hanya akan melayani penumpang serta distribusi logistik saja.

Namun juga akan dibangun pelabuhan curah cair guna memudahkan distribusi komoditas yang ada di Sibolga, salah satunya Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.