Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tampilan Pelabuhan Sibolga yang Diklaim Terbaik se-Asia Pasifik

Kompas.com - 18/03/2019, 13:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Pelabuhan Sibolga di Kecamatan Sibolga Sambas, Sumatera Utara pada Minggu (17/3/2019).

Sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melakukan pengembangan dermaga multipurpose dengan panjang keseluruhan mencapai 153 meter dan lebar 31,5 meter dengan panjang tambatan 405 meter.

Selain itu, Pelindo I juga melakukan perkuatan dermaga eksisting serta perluasan dermaga ferry seluas 400 meter persegi.

Baca juga: Desain Pelabuhan Sibolga Dianggap Terbaik se-Asia Pasifik

Pelabuhan Sibolga dapat disandari oleh 4 kapal besar hingga berukuran 6.000 GT. Fasilitas lain yang ditambahkan yakni container yard dengan kapasitas 20.000 TEUs per tahun, perkuatan trestle dan breasting dolphine.

-Dok. Kementerian Perhubungan -
Untuk menunjang kualitas dan kecepatan pelayanan bongkar muat dan kegiatan eksor impor, Pelabuhan Sibolga juga didukung peralatan bongkar muat berupa peralatan fix craine berkapasitas 40 ton.

Selain itu, terminal penumpang pelabuhan ini juga ditata menjadi 2 lantai dan dilengkapi dengan rooftop seluas 2.786 meter persegi.

Terminal ini dapat menampung hingga 500 penumpang.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, desain Pelabuhan Sibolga tergolong unik karena dapat mengakomodasi kegiatan bogkar muat dan penumpang secara berdekatan.

-Dok. Kementerian Perhubungan -
"Pelabuhan ini memang unik karena kegiatan bongkar muat dan penumpang itu sangat berdekatan. Saya pikir ini suatu desain yang baik. Menyelesaikan masalah penumpang, menghindari crossing, tapi tetap bisa mengakomodasi kegiatan bongkar muat," tutur Budi seperti dikutip dari laman Kementerian Perhubungan.

Terminal pnumpang dan dermaga pelabuhan terhubung oleh skybridge yang dibangun sepanjang 150 meter.

Bahkan saat peresmian, Jokowi mengatakan Pelabuhan Sibolga menang sebagai desain pelabuhan terbaik di Asia Pasifik.

Ke depannya, Pelabuhan Sibolga tidak hanya akan melayani penumpang serta distribusi logistik saja.

Namun juga akan dibangun pelabuhan curah cair guna memudahkan distribusi komoditas yang ada di Sibolga, salah satunya Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com