Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Program Kotaku, Kampung Tua Pontianak Tak Lagi Kumuh

Kompas.com - 06/12/2020, 18:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menggulirkan Program Padat Karya Tunai (PKT) atau cash for work dengan melakukan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh di perkotaan melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Hingga Desember 2020, tercatat program Kotaku secara nasional telah selesai 100 persen di 364 kelurahan dengan anggaran TA 2020 sebesar Rp 390,5 miliar yang menyerap 12.979 tenaga kerja.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan program Kotaku merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan pemerintah daerah.

Baca juga: Program KOTAKU Tuntas November, Kendari Tambah Destinasi Wisata Bahari

Tujuannya untuk mendorong dan memberdayakan warga setempat sebagai pelaku pembangunan khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

“Selain mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa, pelosok dan masyarakat kurang mampu," kata Basuki dalam siaran pers, Minggu (06/12/2020).

Kampung Tua, Pontianak, Kalimantan Barat.Kementerian PUPR Kampung Tua, Pontianak, Kalimantan Barat.
Basuki menjelaskan program tersebut terbukti telah berhasil mengubah wajah kota di suatu daerah menjadi lebih baik. Salah satunya Kampung Tua, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Kawasan Kampung Tua yang berlokasi di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur ini memiliki bangunan bersejarah dengan arsitektur bergaya rumah panggung.

Kawasan yang ditata mencakup 9,79 kilometer persegi, di mana Kelurahan Dalam Bugis memiliki permasalahan pada infrastruktur drainase dan jalan.

Basuki menyebut pada TA 2020, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk kegiatan Infrastruktur Skala Lingkungan (IBM) reguler.

Kegiatan ini berupa perbaikan saluran drainase sepanjang 136 meter dan jalan lingkungan 163 meter serta penataan kawasan di lokasi tersebut.

Kampung Tua, Pontianak, Kalimantan BaratKementerian PUPR Kampung Tua, Pontianak, Kalimantan Barat
"Dengan tetap mempertahankan ciri khas sejarah Kota Pontianak. Penataan juga dilakukan pembersihan sungai-sungai kecil yang sebelumnya kurang terawat dan dipenuhi sampah serta pengecatan dengan Corak Insang yang merupakan identitas lokal Kota Pontianak," ucapnya.

Diketahui, Kelurahan Dalam Bugis merupakan salah satu dari tiga kelurahan di Kota Pontianak yang mendapat bantuan PKT Kotaku Kementerian PUPR.

Dua kelurahan lainnya adalah Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara dan Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat.

Secara keseluruhan di Provinsi Kalimantan Barat program Kotaku menyasar 30 kelurahan dengan menyerap 1.020 tenaga kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com