Tiga BUMN Sepakati Kerja Sama Angkut Barang dengan Kereta Api

Kompas.com - 26/11/2020, 20:30 WIB
Tiga BUMN menandatangani Nota Kesepahaman tentang Rencana Kerja Sama Angkutan Barang Berbasis Kereta Api di wilayah Sumatera Utara, Kamis (26/11/2020) Dok: Pelindo 1Tiga BUMN menandatangani Nota Kesepahaman tentang Rencana Kerja Sama Angkutan Barang Berbasis Kereta Api di wilayah Sumatera Utara, Kamis (26/11/2020)

MEDAN, KOMPAS.com - Tiga BUMN bersinergi mewujudkan angkutan logistik yang efisien berbasis kereta api di wilayah Sumatera Utara.

Ketiga BUMN tersebut adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1, dan PT Kawasan Industri Medan (Persero) atau KIM.

Mereka menandatangani Nota Kesepahaman tentang Rencana Kerja Sama Angkutan Barang Berbasis Kereta Api. 

Penandatanganan dilakukan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama dan Pelaksana tugas Direktur Utama KIM Adler Manarissan Siahaan secara virtual di Jakarta dan Medan, Kamis (26/11/2020). 

Didiek mengatakan, kerja sama ini merupakan perwujudan dari sinergi BUMN untuk Indonesia yang lebih maju.

Terintegrasinya jalur kereta api pada kawasan-kawasan tersebut, maka akan tercipta distribusi logistik yang efektif dan efisien, mendukung program pemerintah dalam mengurangi biaya logistik nasional.

Baca juga: Rambah Bisnis E-Logistic, Pelindo Jadi Pionir di BUMN Pelabuhan

“Kolaborasi ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat pengguna layanan logistik baik yang menggunakan angkutan kereta api, jasa kepelabuhanan maupun Kawasan Industri Medan,” ujar Didiek. 

Saat ini, di wilayah Sumatera Utara, KAI melayani angkutan barang berupa peti kemas, BBM, Crude Palm Oil (CPO), lateks, retail dan lain sebagainya.

Kinerja angkutan barang KAI di kawasan tersebut menunjukkan tren positif, pada Oktober 2020 mengangkut 88.200 ton barang, naik 19 persen dibandingkan periode September 2020 dengan total angkutan 74.3000 ton barang.

“Semoga MoU ini bisa memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional ke depannya," kata Didiek.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X