Lewati Target, Subsidi Rumah FLPP Tembus 102.665 Unit

Kompas.com - 18/11/2020, 21:00 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Ilustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP) mencapai Rp 10,55 triliun untuk membiayai sebanyak 102.665 unit rumah per Rabu (18/11/2020).

Realisasi penyaluran FLPP ini telah melebihi target atau dalam sebesar 100,16 persen dari target yang ditetapkan sebanyak 102.500 unit rumah.

Meski demikian, besaran anggaran FLPP tahun 2020 yang ditetapkan sebesar Rp 11 triliun, masih terdapat sisa 4,34 persen biaya yang belum tersalurkan.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan ( PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PPDPP) Arief Sabaruddin mengatakan hal itu dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Rabu (18/12/2020).

Baca juga: UPDATE: Penyaluran FLPP Tembus 9,77 Triliun untuk 95.708 Rumah

"Kami optimis pada sisa tahun anggaran 2020 ini akan menyalurkan hingga 110.000-an unit atau tepatnya menurut perhitungan (PPDPP) mencapai 107.600 unit rumah," tegas Arief.

Berdasarkan perjanjian kerjasama antara PPDPP dengan 42 bank pelaksana, setiap bank memiliki masing-masing kuota dan total unit yang harus mereka realisasikan dalam perjanjian.

Bahkan, dari kuota yang ditetapkan oleh PPDPP, semua bank pelaksana telah memenuhi kewajibannya.

Dia pun memberikan apresasi kepada para bank pelaksana yang sudah bekerja optimal dalam menyalurkan dana FLPP.

Sehingga, sisa anggaran FLPP yang masih ada akan segera direalisasikan dengan mendistribuskan kepada 11 bank pelaksana.

Dia menjelaskan, perjanjian kerjasama dengan bank pelaksana untuk tahun 2021 akan segera dilaksanakan pada minggu ketiga Desember sekaligus menjadi momentum bagi PPDPP untuk segera merilis produk terbarunya.

Arief melihat, sebanyak 75 persen bank pelaksana yang bekerja sama dengan PPDPP tahun 2020 memiliki kinerja yang sangat baik.

"Namun, kami juga melihat sejauh mana bank tersebut memberikan respon yang cepat atas aplikasi SiKasep,” tuntasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X