Setelah Jabat Wapres AS, Kamala Harris Bakal Tinggal di Rumah Ini

Kompas.com - 09/11/2020, 13:29 WIB
Number One Observatory Circle di Amerika Serikat bakal menjadi tempat tinggal setiap Wakil Presiden AS terpilih. indianexpress.comNumber One Observatory Circle di Amerika Serikat bakal menjadi tempat tinggal setiap Wakil Presiden AS terpilih.

KOMPAS.com - Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) berakhir dengan kemenangan Joe Bidan dari Partai Demokrat atas petahana Donald Trump dari Partai Republik.

Biden dipastikan melenggang ke White House atau Gedung Putih setelah sukses meraih 290 suara elektoral.

Sementara Biden ke Gedung Putih, Kamala Harris bakal menempati rumah barunya selama menjadi Wakil Presiden AS yakni, Number One Observatory Circle atau dikenal dengan sebutan Lingkaran Pengamatan Nomor Satu.

Lingkaran Pengamatan Nomor Satu ini terletak di area Observatorium Angkatan Laut AS yang jaraknya tak jauh dengan Gedung Putih.

Hunian berjenis bungalow ini dirancang dengan arsitektur bata putih abad ke-19 yang dibangun di kompleks seluas 12 hektar.

Pada tahun 1893 sebagai awal dibangunnya gedung ini digunakan sebagai ruang pengawas observatorium dan kemudian berubah menjadi kediaman Kepala Angkatan Operasi Angkatan Laut AS pada tahun 1924.

Sekitar 50 tahun kemudian, bangunan ini resmi menjadi tempat tinggal Wakil Presiden AS beserta keluarganya pada saat itu, Walter Mondale.

Sebenarnya, Wakil Presiden AS beserta keluarganya tinggal di rumah mereka masing-masing.

Baca juga: Joe Biden Bakal Lanjutkan Tradisi Bawa Hewan Peliharaan ke Gedung Putih

Namun, biaya perawatan dan penanganan terus meningkat setiap tahunnya yang membuat Senat Amerika Serikat memutuskan Lingkaran Pengamatan Nomor Satu menjadi tempat tinggal mereka.

Number One Observatory Circle di Amerika Serikat menjadi tempat tinggal Wakil Presiden AS.indianexpress.com Number One Observatory Circle di Amerika Serikat menjadi tempat tinggal Wakil Presiden AS.
Bahkan, Joe Biden pun pernah tinggal di kompleks mewah tersebut saat ia menjabat sebagai Wakil Presiden periode 2008-2016 yang saat itu di bawah pemerintahan Barrack Obama.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X