Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden Bakal Lanjutkan Tradisi Bawa Hewan Peliharaan ke Gedung Putih

Kompas.com - 09/11/2020, 10:57 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.comJoe Biden telah mengumumkan kemenangannya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS), Sabtu (7/11/2020).

Biden terpilih sebagai Presiden ke-46 AS setelah mengantongi 290 suara elektoral dan mengalahkan petahana Donald Trump yang mendapatkan 214 suara elektoral.

Ini artinya, Joe Biden akan tinggal di rumah dinas turun-temurun para pemimpin AS, White House atau Gedung Putih.

Melansir New York Times, Presiden berusia 77 tahun ini akan mengembalikan sejarah para pemimpin AS dengan membawa hewan peliharaan tinggal bersamanya di Gedung Putih.

Biden diketahui akan membawa dua anjing German Shepherds yang diberi nama Mayor dan Champ.

Hal ini disampaikan olehnya saat melakukan kampanye bahwa ia akan membawa serta kedua hewan peliharaannya tersebut.

Baca juga: Donald Trump Dandani Ruang Oval Gedung Putih dengan Nuansa Emas

Sebelumnya, Donald Trump merupakan Presiden pertama AS yang tidak memiliki hewan peliharaan apapun untuk ikut tinggal bersamanya dan sang istri, Melania Trump di Gedung Putih.

"Trump adalah Presiden pertama dalam lebih dari satu abad yang tidak memiliki hewan peliharaan dalam bentuk apa pun," jelas Sejarawan Presidential Pet Museum Andrew Hager seperti dikutip Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Dengan demikian, Biden akan mengembalikan tradisi itu setelah berhenti pada Trump.

Perlu diketahui, anjing Biden yang bernama Mayor ini merupakan akan mencetak sejarah sebagai anjing penyelamat pertama di Gedung Putih.

Sementara Champ, merupakan anjing kedua hasil adopsi yang tinggal di Gedung Putih setelah Yuki milik Presiden ke-36 AS, Lyndon Baines Johnson.

Sejak AS berdiri, hewan peliharaan merupakan salah satu tradisi bagi Presiden untuk ikut tinggal bersama mereka di Gedung Putih.

Bahkan, Presiden ke-26 AS Theodore Roosevelt memiliki lusinan hewan dari berbagai jenis mulai dari ayam jantan berkaki satu, ular, marmut, tikus, kangguru, serta kuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com