Tanam Pohon, Cara Koperwan Bogor Perluas Ruang Terbuka Hijau

Kompas.com - 05/11/2020, 06:00 WIB
Koperasi Peran Serta Wanita (Koperwan) Bogor bekerja sama dengan Perhutani melaksakan penanaman 300 bibit pohon di lingkungan Perumahan Kota Wisata, Limus Pratama, dan Vila Nusa Indah, Rabu (04/11/2020). Hilda B Alexander/Kompas.comKoperasi Peran Serta Wanita (Koperwan) Bogor bekerja sama dengan Perhutani melaksakan penanaman 300 bibit pohon di lingkungan Perumahan Kota Wisata, Limus Pratama, dan Vila Nusa Indah, Rabu (04/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tolok ukur implementasi konsep perkotaan yang berkelanjutan adalah keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

RTH pada suatu kota haruslah memenuhi luasan minimal yakni sebesar 30 persen dari keseluruhan luas wilayah dengan komposisi 20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat.

Komposisi luasan RTH ini tercantum dalam Undang-Undang UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Pengalokasian 30 persen RTH juga ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota dan Kabupaten.

Proporsi tersebut bertujuan untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota baik sistem hidrologi dan mikroklimat, maupun sistem ekologis lain.

Keseimbangan ekosistem ini dapat meningkatkan ketersediaan udara bersih yang diperlukan masyarakat, ruang terbuka bagi aktivitas publik serta dapat meningkatkan nilai estetika kota.

Baca juga: Menurut Perpres 60, Developer Wajib Sediakan 30 Persen Ruang Terbuka Hijau

Terkait hal ini, Koperasi Peran Serta Wanita (Koperwan) Bogor bekerja sama dengan Perhutani melaksakan penanaman 300 bibit pohon di lingkungan Perumahan Kota Wisata, Limus Pratama, dan Vila Nusa Indah.

Ketua Koperwan Bogor Seraphine Destina Nurani menuturkan, pelaksanaan penanaman ratusan pohon tersebut melibatkan ibu-ibu rumah tangga yang memiliki usaha skala mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Mereka kami ajak untuk turut aktif peduli pada lingkungannya dengan melakukakan kegiatan-kegiatan positif yang mampu menjadi contoh bagi keluarga, dan masyarat demi kebaikan bersama," kata Seraphine kepada Kompas.com, Rabu (04/11/2020).

Bibit pohon yang ditanam terdiri dari 150 bibit pohon buah yakni manggis, durian, nangka, jeruk, belimbing, mangga, dan jambu kristal, serta 150 bibit penghijauan pohon sengon.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X