Bappenas Pastikan 50 Persen Wilayah Ibu Kota Baru Ruang Terbuka Hijau

Kompas.com - 22/08/2019, 14:28 WIB
Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan dan Pekbangunan Nasional Bambang Brodjonegoro KOMPAS.com/GHINAN SALMANMenteri PPN/Kepala Badan Perencanaan dan Pekbangunan Nasional Bambang Brodjonegoro

DEPOK, KOMPAS.com - Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memastikan, hampir separuh wilayah ibu kota negara baru akan menjadi ruang terbuka hijau. 

Hal tersebut, kata dia, sejalan dengan keinginan pemerintah untuk menghadirkan konsep smart city pada ibu kota baru, sekaligus dalam menjaga keberlanjutan (sustainability) kota tersebut. 

"Jadi kota ini 50 persen ruang terbuka hijau. Karena ini di Kalimantan, maka itu harus forest city. Energinya harus energi terbarukan, renewable," kata Bambang di Universitas Indonesia, Kamis (22/8/2019).

Dalam hal infrastruktur, ia menambahkan, pembangunan sistem transportasi publik akan dikedepankan. Hal itu untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di ibu kota baru kelak. 

Salah satu transportasi publik yang dinilai cocok dengan konsep smart city yaitu Moda Rayat Terpadu (MRT) Jakarta. Sebab, seluruh kendali pergerakan train set tidak dilakukan masinis di dalam kereta melainkan di pusat kendali (OCC) yang ada di Depo Lebak Bulus. 

"Yang di kereta itu tugasnya memastikan kapan pintu bisa ditutup. Ketika sudah di dalam dan berhenti lagi, itu kembali dikendalikan masinis," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memastikan ibu kota baru akan pindah ke Kalimantan.

Namun, untuk lokasi spesifik, Presiden masih merahasiakannya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X