Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Kontes Foto Se-Asia Berharap Milenial Kritik Tata Kota

Kompas.com - 02/11/2020, 14:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cities Development Initiative of Asia (CDIA) menobatkan Husnul Khotimah (24 tahun) sebagai pemenang lomba foto kategori citizen choice.

Kontes foto tersebut diadakan dalam rangka memperingati World Cities Day yang diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap tahunnya pada tanggal 31 Oktober.

Saat dihubungi, Husnul mengatakan, alasan memilih jalur penyeberangan (zebra cross) Margonda Depok sebagai obyek foto karena fasilitas ini telah kehilangan fungsinya.

Gadis 24 tahun lulusan Komunikasi FISIP Universitas Indonesia (UI) ini mengaku telah 6,5 tahun tinggal di Depok.

Baca juga: Foto Penyeberangan Margonda Depok Menang Kontes Tingkat Asia

Namun, hingga kini, kondisi jalur penyeberangan tersebut masih tetap berbahaya dan tidak ramah pejalan kaki.

Padahal, jalur penyeberangan ini sangat penting, terutama untuk mobilitas mahasiswa UI dan pejalan kaki lainnya.

"Zebra cross Margonda ini perannya kan sangat penting, banyak digunakan pejalan kaki, terutama mahasiswa dan warga yang ingin ke stasiun UI. Tapi, meski ada zebra cross, tetap aja kendaraan melaju dengan cepat," kata Husnul kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020). 

Oleh karenanya, dia berharap anak muda atau kalangan milenial seusianya dapat juga bersuara tentang kondisi tata kota di daerahnya masing-masing.

Masalah serupa, kata Husnul, bukan hanya terjadi di Kota Depok, melainkan juga di kota-kota lainnya di Indonesia.

Kritik terhadap tata kota dinilainya sangat penting agar pemerintah daerah dapat mengembangkan sistem lalu lintas di jalan raya lebih maksimal dan memudahkan warganya untuk melakukan mobilitas sehari-hari.

Baca juga: Ini Alasan Pemenang Kontes Foto Asia Pilih Zebra Cross Margonda

Dia juga berharap anak muda di Indonesia terus belajar untuk mengembangkan kapasitas pengetahuannya sehingga sangat dapat berkontribusi bagi kotanya masing-masing.

"Melibatkan diri sendiri dalam komunitas tertentu yang berkaitan dengan pembangunan dapat menjadi salah satu langkah awal," imbuh Husnul.

Hingga kini, foto milik Husnul yang dilombakan tersebut telah berhasil dibagikan sebanyak lebih dari 2.000 kali melalui laman facebook CDIA.

Diketahui, foto Jalur Penyeberangan Margonda milik Husnul Khatimah menjadi juara satu se-Asia kategori Citizen Choice Award mengalahkan peserta Filipina, Christopher Paller Gerale.

Meski demikian, tak ada keterangan jumlah peserta pasti yang ikut dalam ajang lomba tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com