Tiga Hari, Kementerian PUPR Gelar Wawancara Peserta LPJK 2021-2024

Kompas.com - 02/11/2020, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan uji wawancara calon pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) periode 2021-2024.

Proses seleksi uji wawancara tersebut dilakukan selama tiga hari yakni, Senin (2/11/2020) hingga Rabu (4/11/2020).

Sebanyak 28 peserta terpilih akan mengikuti proses seleksi uji wawancara atau setelah melalui seleksi administrasi, asesmen substansi, dan psikologi.

Khusus Senin (2/11/2020), terdapat 9 peserta yang mengikuti proses seleksi uji wawancara tersebut secara terbuka.

Baca juga: Ini Beda Pengurus LPJK Sekarang dan Dulu

Peserta akan diwawancarai oleh Kelompok Kerja Penilai Pengurus yang dibentuk melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor 489/KTPS/M/2020 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Periode 2021-2024.

Kelompok Kerja Penilai Pengurus tersebut terdiri dari tujuh orang yakni, Staf Khusus Kementerian PUPR Agus Prabowo, Pakar Kebijakan Publik dan Pemberdayaan Masyarakat Agus Pambagio, dan Pakar Bidang Hukum Yenti Gamasih.

Kemudian, Pakar Bidang Pengawasan Djoko Prihardono, Akademisi Budi S Wignyosukarto, Pakar Bidang Konstruksi Paulus Kurniawan, serta Pakar Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Nina Insania K. Permana.

Dalam proses tahapan seleksi uji wawancara ini, Kementerian PUPR melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check-up) mulai Senin (2/11/2020) hingga Selasa (3/11/2020).

Hal ini diperlukan sebagaimana mengacu pada prosedur pelaksanaan pada Undang-undang (UU) Jasa Konstruksi Pasal 84 No 2 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Pasal 14 No 9 Tahun 2020.

Melalui proses tersebut, Kelompok Kerja Penilai Pengurus dapat menggali potensi peserta lebih dalam dan mendapatkan 14 peserta yang selanjutnya akan diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.