Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Penyeberangan Margonda Depok Menang Kontes Tingkat Asia

Kompas.com - 02/11/2020, 12:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Husnul Khotimah dinobatkan sebagai pemenang kontes foto terbaik kategori citizen choice oleh organisasi internasional se-Asia, Cities Development Initiative of Asia (CDIA).

Kontes foto tersebut diadakan dalam rangka memperingati World Cities Day yang diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap tahunnya pada tanggal 31 Oktober.

Saat dihubungi, Husnul mengatakan, dirinya menang kontes CDIA lantaran foto yang dilombakannya mendapat respons atau engagement tertinggi di media sosial Facebook.

"Kebetulan engagement yang saya peroleh secara organik itu ternyata paling tinggi di Facebook," kata Husnul kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (2/11/2020).

Husnul yang merupakan lulusan Komunikasi FISIP Universitas Indonesia (UI), telah tinggal di Depok selama 6,5 tahun.

Baca juga: Ini Alasan Pemenang Kontes Foto Asia Pilih Zebra Cross Margonda

Dia tertarik mendokumentasikan zebra cross (jalur penyeberangan) Margonda Depok karena jalur penyeberangan tersebut seolah benda mati yang tak berfungsi.

Husnul menyaksikan para pengemudi tetap saja melajukan kendaraannya di Jalan Margonda dengan kecepatan tinggi.

Hal itu tentu saja sangat membahayakan pejalan kaki yang hendak menyeberang.

Karenanya, Husnul ingin menyentil perilaku para pengendara dengan mendaftarkan fotonya pada ajang lomba foto tersebut.

Foto zebra cross ini kemudian dia unggah di media sosial Facebook agar seluruh masyarakat terutama warga Depok menyadari fungsi zebra cross.

"Karena aku sebenarnya memang pengen menyuarakan ini. Jadi foto itu aku share ke teman, keluarga, dan orang Depok melalui grup di sosial media, dan ternyata aku dapet engangement paling banyak," tutur Husnul.

Pada lomba yang digelar mulai 22 Oktober 2020 tersebut, terdapat dua kategori yakni kategori expert, dan citizen choice.

"Nah untuk kategori citizen choice itu penilaiannya berdasarkan berapa banyak engagement foto yang dihadirkan dari foto tersebut. Pemenang diumumkan pada 31 Oktober," tuntas Husnul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com