Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Bisnis Non-Investasi, Waskita Jual Tol Becakayu November 2020

Kompas.com - 27/10/2020, 21:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan meningkatkan porsi bisnis non-investasi atau konvensional Tahun 2021. 

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono mengatakan, peningkatkan bisnis konvensional diharapkan diperoleh dari proyek-proyek Pemerintah maupun swasta sehingga terjadi keseimbangan dengan bisnis investasi.

"Ini adalah bagian dari strategi pengembangan Waskita ke depan. Kami akan tingkatkan perolehan kontrak baru dari non-investasi terutama mayoritas dari anak-anak usaha," ujar Destiawan menjawab Kompas.com.

Langkah peningkatan bisnis non-investasi ini dimulai dengan divestasi lima ruas jalan tol tahun 2020. Namun, target ini kemungkinan tidak tercapai karena terkendala Pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, ruas yang kemungkinan dapat diselesaikan proses divestasinya tahun ini adalah Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dan Tol Cibitung-Cilincing.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Waskita Karya Fery Hendriyanto proses divestasi Tol Becakayu akan selesai pada pertengahan November 2020.

"Sementara ruas Tol Cibitung-Cilincing tengah dalam negosiasi tahap akhir dengan calon investor. Mudah-mudahan akhir November atau awal Desember 2020," ungkap Fery.

Baca juga: Mundur dari Jadwal, 3 Ruas Tol Trans Jawa Dilepas Waskita Bulan Juli

Sebelumnya, perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) pelepasan 30 persen kepemilikan Perseroan pada PT Kresna Kusuma Dyandara Marga (KKDM) melalui instrumen reksadana penyertaan terbatas (RDPT) telah ditandatangani.

KKDM merupakan badan usaha jalan tol (BUJT) yang mengembangkan dan mengelola Tol Becakayu. Dengan PPJB tersebut, Waskita memiliki 99,7 persen saham KKDM.

Sementara tiga ruas lainnya dilepas dengan skema asset swap dengan PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Fery menyebut, divestasi ini bisa dilaksanakan tahun 2021 mendatang karena terkendala masalah perizinan dari Kementerian Keuangan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com