Lalin Tol Manado-Bitung di Bawah Target, Dilintasi 170.251 Kendaraan

Kompas.com - 21/10/2020, 19:00 WIB
Jalan Tol Manado-Bitung Jasa MargaJalan Tol Manado-Bitung

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) mencatat, 170.251 kendaraan melintasi Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu.

Angka tersebut terhitung selama tiga minggu atau 21 hari sejak diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (29/9/2020).

Jalan tol pertama di pulau Sulawesi Utara ini dibuka untuk umum tanpa tarif sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat mulai Rabu (30/9/2020) hingga Senin (20/10/2020).

Direktur Utama JMB George I.M.P Manurung mengatakan, perhitungan volume kendaraan tersebut disumbang melalui empat Gerbang Tol (GT) yakni, GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, serta GT Danowudu.

" Kendaraan golongan I mendominasi total volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu yakni, sekitar 68 persen dari total seluruh kendaraan,” ujar George dalam siaran pers, Rabu (21/10/2020).

Dengan adanya data lalu lintas kendaraan yang didapatkan selama 21 hari terakhir tersebut, jalan tol ini memiliki Lalulintas Harian Rata-rata ( LHR) sebanyak 8.107 kendaraan.

Baca juga: Gratis Dua Minggu Lintasi Tol Manado-Bitung

George menambahkan, LHR tertinggi tercatat pada Sabtu (10/10/2020 yaitu sebanyak 10.571 kendaraan.

Meski demikian, LHR Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu ini cenderung di bawah target JMB.

Hal ini disebabkan karena Pemerintah Daerah ( Pemda) Sulawesi Selatan mengimbau masyarakat untuk mengurangi bepergian keluar rumah karena adanya Pandemi Covid-19.

Selain itu, faktor lain dari tidak tercapainya target kendaraan melintas di tol tersebut karena kendaraan besar belum berani masuk tol serta masyarakat enggan membeli kartu uang elektronik perdana walaupun masih belum dikenakan tarif tol.

George mengungkapkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan perbankan untuk mensosialisasikan pembelian kartu elektronik hingga fasilitas top-up saldo.

Tidak hanya terkait penggunaan uang elektronik, sosialisasi ini juga diharapkan dapat membentuk perilaku berkendara berkeselamatan di jalan tol.

Mengingat, Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu merupakan jalan bebas hambatan perdana di Provinsi Sulawesi Utara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X