Kompas.com - 21/10/2020, 14:16 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. PT Perintis Triniti Properti TbkIlustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perintis Triniti Properti Tbk atau Triniti Land diproyeksikan akan mengalami penurunan debt-to-equity ratio atau DER (rasio utang terhadap modal) menjadi 0,74 kali pada akhir tahun 2020, dibanding periode sebelumnya atau Juni sebesar 1,74 kali. 

Hal ini disebabkan adanya penurunan kepemilikan saham (dilusi) Triniti Land terhadap PT Triniti Dinamik atau TD menjadi sebesar 18,12 persen dari sebelumnya 53,37 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, hal itu juga membuat liabilitas Triniti Land diperkirakan turun menjadi sebesar Rp 475,58 miliar pada akhir tahun 2020 dibanding pekiraan sebelumnya sebesar Rp 1,3 triliun.

CEO dan Presiden Direktur Triniti Land Ishak Chandra mengatakan, penurunan DER secara siginfikan setelah penurunan dilusi TD menjadi salah satu tolak ukur kinerja Perseroan pada masa mendatang.

"Sebab, rendahnya DER akan berpengaruh positif terhadap profitabilitas Perseroan." kata Ishak Chandra dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Penurunan kepemilikan Perseroan yang diakibatkan oleh dilusi saham pada TD membuat proyeksi total aset Perseroan juga mengalami penurunan sebesar Rp 753 miliar.

Baca juga: Bakal Buyback Saham, Triniti Land Siapkan Rp 20 Miliar

Pada waktu yang sama, juga terjadi penurunan utang sebesar Rp 832 miliar. Sehingga, penurunan utang dipastikan akan lebih tinggi dibandingkan dengan penurunan total aset.

Setelah dilusi saham TD, current ratio (rasio lancar) Triniti Land diproyeksikan Perseroan pada tahun 2020 yakni sebesar 1,43 kali.

Artinya, Perseroan masih tetap memiliki kemampuan yang baik dalam melunasi kewajiban utangnya.

Sebelumnya, TD melakukan penambahan modal ditempatkan atau disetor sebesar Rp 121,4 miliar.

Hal ini menyebabkan modal TD meroket menjadi sebesar Rp 151,4 miliar dibanding sebelumnya hanya senilai Rp 30 miliar. Sebab itu, juga terjadinya penurunan kepemilikan saham Triniti Land atas TD. 

Dengan demikian, komposisi kepemilikan saham TD yaitu Triniti Land sebesar 274,31 juta saham, Panca Agung Gemilang sebanyak 107,57 juta saham, dan Valtos Globalindo sebanyak 51,4 juta saham.

Kemudian, Kevin Jong sebanyak 53,79 juta saham, Vincent Yo sebanyak 26,89 juta saham, serta Heriyanto sebanyak 1 miliar saham. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.