Kamis Besok Diresmikan Jokowi, Ini 8 Fakta Jembatan Teluk Kendari

Kompas.com - 21/10/2020, 18:56 WIB
Pembangunan Jembatan Teluk Kendari dikerjakan oleh konsorsium kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan PT Nindya Karya (Persero)
Mähesa Nur Syafei/Kementerian PUPRPembangunan Jembatan Teluk Kendari dikerjakan oleh konsorsium kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan PT Nindya Karya (Persero)

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jembatan Teluk Kendari yang bakal menjadi ikon atau tengara Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (22/10/2020).

Hal ini menyusul tuntasnya pekerjaan konstruksi fisik jembatan yang dirancang sepanjang 1,34 kilometer ini.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian memastikan peresmian jembatan ini kepada Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Menurut Hedy, kendati segera diresmikan namun operasionalisasinya baru akan dilakukan seminggu ke depan.

Dengan terlebih dahulu mematangkan persiapan pembukaan yang diikuti sosialisasi keselamatan berkendara di atas jembatan kepada masyarakat.

Baca juga: Hampir Rampung, Jembatan Teluk Kendari Siap Dukung Kawasan Industri

Kabel pada teknologi jembatan cable stayed ini diimpor dari Austria.Mähesa Nur Syafei/Kementerian PUPR Kabel pada teknologi jembatan cable stayed ini diimpor dari Austria.
"Besok peresmian oleh Presiden Jokowi. Tapi operasionalnya seminggu kemudian, persiapan sosialisasi. Kalau tidak disosialisasikan, malah banyak warga yang berhenti di atas jembatan. Ini kan tidak boleh," tutur Hedy.

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan sekitar.

Selain itu, ketika jembatan ini dibuka, akan mempermudah akses masyarakat yang berada di kawasan Kota Lama atau Poasia yang selama ini dipisahkan oleh Teluk.

"Waktu tempuh atau travel time akan menjadi lebih singkat hanya sekitar tiga menit dari sebelumnya 30 menit. Ini manfaat strategis dari Jembatan Teluk Kendari," ucap Hedy.

Sementara itu Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Novel Arsyad menambahkan, sebagai kontraktor pelaksana pihaknya bersama PT Nindya Karya (Persero) melibatkan sekitar 450-500 tenaga konstruksi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X