Nippon Paint Kembangkan Teknologi Cat Anti-virus

Kompas.com - 09/10/2020, 20:44 WIB
Nippon Paint mengembangkan teknologi anti-mikroba Silver Ion yang ?diklaim sudah teruji secara klinis 99 persen efektif dapat membasmi Human Coronavirus (Strain 229E). Nippon PaintNippon Paint mengembangkan teknologi anti-mikroba Silver Ion yang ?diklaim sudah teruji secara klinis 99 persen efektif dapat membasmi Human Coronavirus (Strain 229E).

JAKARTA, KOMPAS.com - Nippon Paint mengembangkan teknologi anti-mikroba Silver-Ion yang ?diklaim sudah teruji secara klinis dan 99 persen efektif dapat membasmi Human Coronavirus (Strain 229E).

CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia Jon Tan menuturkan pengembangan teknologi Silver-Ion untuk cat atau pelapis anti-mikroba merupakan upaya perusahaan membantu penekanan penyebaran Covid-19 yang berisiko tinggi pada kesehatan manusia.

Teknologi Silver-Ion dari Nippon Paint telah diuji pada awal 2020 oleh Analytical Lab Group (ALG), laboratorium independen berstandar global, terhadap Human Coronavirus, ATCC VR-740, strain 229E.

"Hasil tes menunjukan efektivitas 99,9 persen dapat mematikan virus tersebut setelah kontak dengan lapisan cat yang mengandung teknologi Silver-Ion," ujar Jon dalam keterangan tertulis, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Mesin Tinting Nippon Paint Jamin Akurasi Warna 100 Persen

ALG merupakan pemimpin industri labolatorium global dengan standar FDA dan EPA di Amerika Serikat.

Mereka khusus melakukan pengujian pencegahan infeksi anti-mikroba, farmasi, peralatan medis, bioteknologi dan fasilitas perawatan kesehatan.

Jon menambahkan, teknologi Silver-Ion telah hadir pada serangkaian cat kesehatan seperti Nippon Spot-less Plus, Vinilex Anti-Kuman dan yang terbaru Nippon Paint VirusGuard sebagai cat anti-virus pertama di Indonesia.

Cara kerja Silver-Ion diformulasikan secara khusus sebagai anti virus dan anti bakteri dengan tahapan: penetrasi ke dalam virus atau bakteri, menghentikan reproduksi, mematikan metabolisme, lalu menghancurkan mikroorganisme tersebut.

Daya antimikroba pada Silver-Ion bertahan lama sehingga senyawa ini efektif dalam melawan kuman.

Selain Human Coronavirus (strain 229E), Silver-Ion juga efektif dalam membasmi virus influenza A (H1N1 dan H3N2), penyakit tangan, kaki dan mulut atau Hand Foot Mouth Diseases (HFMD), dan bakteri escherichia coli, staphylococcus aureus, serta MRSA.

Rangkaian cat kesehatan dengan Silver-Ion ini aman bagi keluarga dan ramah lingkungan, rendah VOC, tidak berbau, serta hadir dalam ratusan pilihan warna.

"Kami sangat direkomendasikan untuk ruangan interior seperti rumah, klinik/rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, hotel hingga perkantoran," kata Jon.

Dia melanjutkan, teknologi Silver-Ion bukanlah zat aditif (penambah) seperti cat lainnya, tetapi terformulasi khusus dalam bahan cat.

"Jadi tidak sama dengan silver ion lainnya, Silver-Ion dalam produk Nippon Paint ini tetap bekerja aktif anti-virus dan anti-bakterinya selama lapisan cat menempel di dinding,” pungkas Jon.

 

 

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X