Konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Awal Tahun 2021

Kompas.com - 09/10/2020, 16:16 WIB
Tol Balikpapan-Samarinda. PT Jasamarga Balikpapan SamarindaTol Balikpapan-Samarinda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda (JBS) tengah menyelesaikan sisa konstruksi proyek Tol Balikpapan-Samarinda.

Perlu diketahui, jalan bebas hambatan tersebut telah beroperasi secara bertahap pada tahun 2019 silam.

Saat ini, konstruksi proyek tersebut menyisakan Seksi 5 ruas Sepinggan-Balikpapan (KM 13) dan Seksi 1 ruas Balikpapan (KM 13)-Samboja.

Hingga kini, progres konstruksi jalan tol tersebut sudah mencapai 99,61 persen dan pembebasan lahan mencapai 99,95 persen. 

Direktur Utama PT JBS STH Saragi mengatakan, penyelesaian sisa pekerjaan mengalami sedikit hambatan berupa penurunan tanah di beberapa lokasi.

Meski begitu, pihaknya tengah melakukaan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Pusat untuk penyelesaian sisa pekerjaan konstruksi pada ruas jalan tol yang merupakan konstruksi bagian dukungan Pemerintah yakni, Seksi 1 (Sepinggan Balikpapan) dan Seksi 5 (Balikpapan-Samboja).

"Contohnya penyelesaian geoteknik untuk memastikan kestabilan tanah. Agar nanti bisa kami lakukan perkerasan di atasnya," terang Saragi dalam siaran pers, Jumat (9/10/2020).

Seluruh sisa proyek Seksi 1 dan 5 ditargetkan dapat selesai pada Kuartal-II tahun 2021 dengan penyelesaian bertahap untuk Seksi 1 rampung akhir tahun ini.

Baca juga: Rest Area Tol Balikpapan-Samarinda Resmi Beroperasi

Komisaris Independen Jasa Marga Adriansyah optimistis, tersambungnya seluruh ruas tol yang dimulai dari Sepinggan-Samarinda dapat mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Kalimantan Timur.

“Ketika nantinya sudah tersambung, jalan tol ini akan menghubungkan Bandara Sepinggan dengan berbagai titik lokasi strategis di Balikpapan dan Samarinda,” terang Adriansyah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X