Alibaba Peringkat Dua Perusahaan Teknologi Terbaik versi Fortune

Kompas.com - 25/09/2020, 20:00 WIB
Kantor Alibaba. id.alibabanews.comKantor Alibaba.

JAKARTA, KOMPAS.com - Majalah bisnis global asal Amerika Serikat, Fortune, menobatkan Alibaba Group sebagai salah satu perusahaan teknologi terbaik dalam menciptakan dampak sosial positif di dunia.

Alibaba menduduki peringkat ke-2 atau tepat di bawah para pembuat vaksin yang kini sedang mencari formula efektif untuk mengendalikan laju penyebaran virus Covid-19.

Tahun ini, Alibaba naik dari peringkat ke-37 dalam daftar yang sama pada tahun lalu.

Perlu diketahui, Fortune merilis peringkat perusahaan-perusahaan di seluruh dunia dengan menilai bagaimana kesuksesan perusahaan tersebut untuk memberikan kontribusi sosial bagi masyarakat setiap tahunnya. 

"Terutama untuk tahun ini, perusahaan juga dituntut untuk membantu mengatasi “krisis kesehatan terbesar yang pernah dihadapi umat manusia sepanjang sejarah (Covid-19),” ujar Editor In Chief Fortune Clifton Leaf dalam siaran pers, Jumat (25/9/2020).

Tim Editor Fortune mengatakan, nilai global dari jaringan distribusi Alibaba dan platform cloud yang dimiliki perusahaan memiliki kekuatan sebagai upaya mengurangi penyebaran virus tersebut.

Pada tahap awal penyebaran Covid-19, Alibaba telah menyediakan dan mendistribusikan pasokan medis yang sangat dibutuhkan oleh seluruh negara di dunia.

Alibaba menggunakan Electronic World Trade Platform (eWTP), inisiatif yang mendorong kerja sama publik-swasta dengan tujuan membuat globalisasi lebih inklusif.

Baca juga: Tawarkan Rantai Pasokan dari Hulu ke Hilir, Alibaba Buka Pabrik Digital

Platform eWTP tersebut tersebar di Belgia, Ethiopia, Rwanda, Malaysia, Hangzhou dan Yiwu di China.

Selain eWTP, platform e-commerce business-to-business (B2B) Alibaba juga meluncurkan program pengadaan dan pasokan langsung yang berhasil mendistribusikan lebih dari 26 juta Alat Pelindung Diri (APD) ke institusi kesehatan internasional di luar Tiongkok.

Fortune secara khusus memberikan apresiasi atas dukungan Alibaba untuk Usaha Kecil dan Menengah ( UKM).

Sebagai contoh, program 20 Bantuan yang diluncurkan Ant Group pada bulan Februari lalu, mulai dari penghapusan biaya layanan, memberikan pinjaman bunga rendah, hingga menyediakan alat digital untuk memudahkan proses kerja jarak jauh.

Selain itu, video Taobao Live dari Alibaba juga telah menjadi penyelamat bagi petani dan penjual kecil.

Taobao Live membantu mereka berjualan langsung kepada konsumen secara daring, terutama di tengah periode karantina wilayah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X