Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yummy Corp Dapat Suntikan Dana dari SoftBank Rp 175 Miliar

Kompas.com - 25/09/2020, 15:33 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan cloud kitchen (dapur bersama), Yummy Corp meraih pendanaan seri B sebesar 12 juta dollar AS atau setara Rp 175 miliar dari berbagai venture capital global baru yang dipimpin oleh SoftBank Ventures Asia Korea Selatan.

Para investor baru global tersebut adalah, Vectr Ventures Hongkong, Appworks Ventures Taiwan, Quest Ventures Singapura, Coca Cola Amatil X Australia, Palm Drive Capital Amerika Serikat, serta Intudo Ventures dan Sovereign’s Capital.

Para investor baru tersebut akan bergabung dengan investor yang sejak awal telah berinvestasi di Yummy Corp.

Sebut saja, Sinarmas Digital Ventures (SMDV), East Ventures, Agaeti Ventures, Prasetia Dwidharma, dan Selera Kapital by Sour Sally Group.

Pendanaan tersebut melanjutkan momentum positif dari pendanaan seri A sebesar 7,75 juta dollar AS atau sekitar Rp 115 miliar yang diperoleh pada Oktober 2019 lalu.

Perwakilan Softbank Ventures Asia Harris Yang mengatakan, Yummy Corp menjadi pelaku cloud ktichen terbesar di Indonesia karena dukungan pasar food delivery yang berkembang pesat di Indonesia.

"Kami sangat senang untuk mendukung dan membantu mereka meningkatkan bisnis di sektor yang sedang berkembang ini," terang Harris dalam siaran pers, Jumat (25/9/2020).

Salah satu unit bisnis Yummy Corp adalah Yummykitchen yang merupakan satu-satunya cloud kitchen di Indonesia dengan memposisikan diri sebagai operator penuh.

Yummykitchen berperan tak hanya menyewakan dapur bersama namun mengerjakan operasional dari berbagai merek sehingga dapat melakukan ekspansi lebih cepat dan menjangkau konsumen lebih luas.

Baca juga: CEO SoftBank Menyesal Telah Berinvestasi di WeWork

Yummykitchen telah mengoperasikan 70 dapur bersama yang tersebar di Jakarta, Bandung dan Medan sejak diluncurkan pada tahun lalu.

Saat ini, lebih dari 50 merek F&B telah bergabung bersama Yummykitchen yakni, Ismaya Group, Sour Sally Group, Padang Merdeka, Hong Tang, serta Daily Box.

Pertumbuhan positif ditunjukkan Yummykitchen selama Semester-I Tahun 2020 dengan kenaikan transaksi sebanyak 320 persen.

Pendanaan seri B ini sebagian besar juga akan digunakan untuk ekspansi Yummykitchen
ke berbagai kota besar lainnya di Indonesia.

CEO Yummy Corp Mario Suntanu mengatakan, pihaknya sangat bersemangat menyambut
kehadiran investor global yang bergabung bersama Yummy Corp.

"Hari ini menjadi sebuah milestone (sejarah) penting bagi kami terutama di kala semua industri berjuang di tengah resesi global karena Pandemi Covid-19," ucap Mario.

Mario berharap, dengan adanya pendanaan tersebut pihaknya dapat berperan aktif dalam membantu industri F&B untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com