Diresmikan Jokowi, Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Penuh Jumat Ini

Kompas.com - 25/09/2020, 14:59 WIB
Presiden Jokowi meresmikan tol Pekanbaru-Dumai lewat video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/9/2020). Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Jokowi meresmikan tol Pekanbaru-Dumai lewat video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meresmikan Tol Pekanbaru- Dumai sepanjang 131 kilometer di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/9/2020).

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim. Saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai hari ini," tegas Jokowi.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Jokowi dan didampingi Walikota Dumai Zulkifli A.S dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto.

Jokowi mengatakan, Tol Pekanbaru-Dumai dapat dioperasikan secara penuh dan dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, baik masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera.

Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera ( JTTS) sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

Jokowi melanjutkan, kehadiran Tol Pekanbaru-Dumai akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis maju, kawasan industri, dan perkebunan lainnya.

Baca juga: Jumat Besok, Tol Pekanbaru-Dumai 131 Kilometer Diresmikan Jokowi

Tol tersebut dapat mempersingkat jarak tempuh kota Pekanbaru-Dumai dari 200 kilometer jika melewati jalan nasional menjadi 131 kilometer saja.

"Dengan kondisi ini, truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, angkutan penumpang, akan lebih efisien dari segi waktu maupun segi biaya," lanjut Jokowi.

Jokowi pun berpesan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Riau untuk memanfaatkan jalan tol tersebut sebaik-baiknya untuk mengembangkan peluang usaha, sarana pemerataan, dan kesejahteraan masyarakat.

Perlu diektahui, Tol Pekanbaru-Dumai membentang sepanjang 131 kilometer dan telah memenuhi persyaratan laik operasi sebagai jalan tol.

Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari enam seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer, seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer, dan seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer.

Kemudian seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer dan seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 kilometer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X