Astra Kampanyekan "Bulan Keselamatan Berkendara" di Tol Cipali

Kompas.com - 21/09/2020, 19:45 WIB
 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya atau Astra Infra Tollroad Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) bersinergi dengan Korlantas, Kepolisian Daerah, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengampanyekan "Bulan Keselamatan Berkendara".

Kampamye ini mulai dilaksanakan melalui kick-off yang dilaksanakan di rest area KM 102 Tol Cipali arah Palimanan, Senin (21/9/2020).

CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono mengatakan, kampanye " Bulan Keselamatan Berkendara" sekaligus dilakukan penindakan operasi speed gun oleh Kepolisian bagi kendaraan yang melanggar batas kecepatan maksimum 100 kilometer per jam.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penempelan 100 sticker reflector agar dapat
terlihat di malam hari bagi kendaraan yang tidak memiliki stiker di bagian belakang
kendaraan.

Kris mengatakan, "Bulan Keselamatan Berkendara" merupakan salah satu upaya Astra Infra dalam meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jalan, khususnya dalam keselamatan berkendara di jalan tol sekaligus memperingati Hari Lalu Lintas, 22 September 2020.

" Kampanye yang dipusatkan di Tol Cipali ini juga akan berlaku di seluruh tol Astra Infra. Diharapkan dengan program 3E: Engineering, Education dan Enforcement dapat menciptakan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan berkendara di jalan tol Astra Infra,"  ucap Krist dalam siaran pers, Senin (21/9/2020)

Krist menjelaskan, skema 3E pada Bulan Keeselamatan Berkendara merupakan pondasi program yang terus diperkuat untuk mendukung tujuan "Toll Road Safety Culture".

Baca juga: Tahun Depan, Tol Cipali Tersambung Cisumdawu

Melalui program tersebut, Astra Toll Cipali juga memasang dua alat timbang kendaraaan Weight in Motion ( WIM) di KM 74 dan KM 178.

Pemasangan alat timbang WIM bertujuan untuk mendeteksi berat kendaraan yang melintas di ruas tol tersebut.

Kemudian, perusahaan juga melakukan pemasangan wire rope atau sling baja yang mampu menahan beban kendaraan sampai dengan 80 ton dan berfungsi sebagai pembatas jalan.

Saat ini, total sling baja yang terpasang sekitar 39 kilometer dan akan ditambah menjadi 44 kilometer pada tahun 2020. Selanjutnya, perusahaan akan menambah sling baja pada tahun 2021 sepanjang 65 kilometer. 

Selain itu, di jalan tol Cipali juga dipasang rumble dot sepanjang 35 kilometer yang berfungsi sebagai garis kejut untuk mengingatkan kewaspadaan dalam berkendara.

Astra Tol Cipali juga mengimbau kepada pengguna jalan agar memperhatikan kondisi
kendaraan dan juga kondisi fisik ketika akan memulai perjalanan.

Para pengguna jalan juga dianjurkan beristirahat di 8 Tempat Istirahat dan Pelayanan ( TIP) atau rest area yang telah disediakan di sepanjang ruas Tol Cipali apabila sudah berkendara selama 4 jam atau merasa lelah dan mengantuk. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X