SMF Kucurkan Rp 500 Miliar KPR Syariah kepada Bank DKI

Kompas.com - 14/09/2020, 13:00 WIB
PT Sarana Multigriya Finansial (SMF). Dok. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menyalurkan pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah atau KPR iB sebesar Rp 500 miliar kepada PT Bank DKI.

KPR Syariah tersebut menggunakan skema replacement financing dengan akad Mudharabah Muqayyadah.

Pinjaman tersebut merupakan bagian dari sinergi SMF dan Bank DKI dalam mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya di sektor perumahan

Selain itu, pinjaman tersebut juga bertujuan untuk memperluas akses pemilikan rumah yang layak dan terjangkau untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, refinancing tersebut merupakan bentuk dari dukungan SMF untuk meningkatkan peningkatan likuiditas bank penyalur KPR, khususnya Bank Pembangunan Daerah ( BPD) agar dapat terus terjaga.

Ananta berharap, hal tersebut dapat memacu BPD untuk memaksimalkan kemampuannya dalam mendorong pertumbuhan kredit yang tengah terdampak Pandemi Covid-19.

Baca juga: Strategi SMF Salurkan Pembiayaan Perumahan bagi Pekerja Informal

Sebagaimana diketahui, sektor perumahan memiliki 170 lebih industri turunan yang diharapkan membantu bisnis tersebut.

“Kami optimistis ke depan sinergi antara kedua belah pihak akan terjalin semakin baik. Oleh karena itu kami mengajak kepada BPD lainnya untuk dapat berkolaborasi bersama menggerakan sektor perumahan di masa pandemi,” ungkap Ananta dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (14/9/2020).

Kerja sama tersebut akan dilanjutkan dengan sinergi pengaplikasian Electronic Mortgage Management System (EMMS) untuk mendorong efektifitas Bank DKI dalam melakukan originasi KPR iB yang disalurkan.

Kemudian, Program Capacity Building untuk mendukung peningkatkan kapasitas personel dalam penyaluran KPR iB.

Dengan penyaluran pinjaman sebesar Rp 500 miliar ini, maka total penyaluran pinjaman yang telah disalurkan oleh SMF dengan akad Syariah kepada Bank Penyalur KPR sejak Januari tahun ini mencapai Rp 3,950 triiliun.

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan SMF kepada Bank DKI.

Ia mengungkapkan, pembiayaan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara BUMN dan BUMD.

Selain itu, model pembiayaan ini dapat diterapkan SMF dengan BPN lainnya di masing-masing daerah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X