Progres Terbaru Proyek LRT Jabodebek

Kompas.com - 08/09/2020, 10:38 WIB
Foto erection pemasangan terakhir U-shape sebanyak 2.902 unit. Dok. PT Adhi Karya (Persero) TbkFoto erection pemasangan terakhir U-shape sebanyak 2.902 unit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres konstruksi Lintas Rel Terpadu ( LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) mencapai 74,83 persen per Sabtu (29/8/2020).

Dari tiga lintas pelayanan, Lintas Pelayanan I Cawang-Cibubur mencatat perkembangan paling besar yakni mencapai 88,82 persen.

Kemudian, Lintas Pelayanan II Cawang-Dukuh Atas sudah berada pada angka 69,73 persen, serta Lintas Pelayanan III Cawang-Bekasi Timur mencapai 67,64 persen.

Dengan demikian, ketiga lintas pelayanan tersebut hampir tersambung.

Salah satu kendala yang ditemui oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor proyek LRT Jabodebek adalah pengerjaan Depo yang masih dalam proses pembebasan tanah oleh Pemerintah.

Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk Pundjung Setya Brata mengatakan hal itu kepada Kompas.com, Senin (7/9/2020).

"Hambatan terbesar pada pembebasan tanah untuk Depo yang saat ini tinggal menyisakan pembayaran untuk beberapa rumah di pertengahan September," ungkap Pundjung.

Baca juga: UPDATE: Progres Konstruksi LRT Jabodebek Capai 72 Persen

Meski begitu, pembebasan tanah untuk Depo saat ini sudah mencapai 99 persen dan ditargetkan pada pertengahan September bisa tuntas.

Pundjung mengungkapkan, pemasangan semua u-shape girder sudah selesai terpasang semua atau sebanyak 2.902 unit.

Saat ini, pekerjaan struktur proyek konstruksi LRT Jabodebdek menyisakan pembangunan Depo seperti stabling area, manuver area, light maintenance, heavy maintenance, OCC building serta pembangunan long-span Dukuh Atas.

Adapun rincian stasiun LRT Jabodebek yang akan dibangun meliputi, Lintas Pelayanan I Cibubur-Cawang yakni, Stasiun Harja Muktim Stasiun Ciracas, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun Taman Mini, dan Stasiun Cawang.

Lintas Pelayanan II Bekasi Timur-Cawang yakni Stasiun Jati Bening Baru, Stasiun Cikunir 1, Stasiun Cikunir 2, Stasiun Bekasi Barat, Stasiun Jati Mulya.

Terakhir, Lintas Pelayanan III Cawang-Dukuh Atas meliputi, Stasiun Ciliwung, Stasiun Cikoko, Stasiun Pancoran, Stasiun Kuningan, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Setiabudi, dan Stasiun Dukuh Atas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X