Tingkatkan Keselamatan Berkendara di Tol Cipali, Astra Pasang Dua Alat Timbang

Kompas.com - 07/09/2020, 14:00 WIB
 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) memasang dua buah alat timbang kendaraan Weight in Motion (WIM).

Kedua alat tersebut dipasang di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 74 dan KM 178.

Pemasangan alat timbang WIM bertujuan untuk mendeteksi golongan dan berat kendaraan yang melintas di ruas Tol Cipali.

Perusahaan juga memasang sling baja atau wire rope yang mampu menahan beban kendaraan sampai dengan 80 ton.

Alat ini berfungsi sebagai pembatas. Sebelumnya total sling baja yang telah terpasang sepanjang 39 kilometer dan akan bertambah menjadi 44 kilometer pada tahun 2020.

Baca juga: Astra Resmi Garap Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

Aksi preventif lain yang dilakukan adalah operasi penindakan pengawasan batas kecepatan (speed gun), pemasangan speed reducer, operasi penindakan kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian melakukan pengawasan naik turun penumpang dan penindakan pedagang asongan yang rutin dilakukan setiap hari di beberapa titik di tol.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan agar tertib dan disiplin berkendara di jalan tol," ujar Group CEO ASTRA Infra Djap Tet Fa melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (7/9/2020).

Kampanye keselamatan berkendara tersebut dilakukan bersamaan dengan peletakan batu pertama pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X