Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Siapkan Layanan Silaturahim Lebaran 2020 di Enam Ruas Tol

Kompas.com - 14/05/2020, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra siap memberikan layanan Lebaran 2020 dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono mengatakan, meski Pandemi Covid-19 masih belum melandai, mobilitas kendaraan penumpang diprediksi akan tetap ramai dan meningkat jelang Lebaran nanti.

Sementara untuk moda transportasi pengangkut logistik diperkirakan akan menurun. Oleh karena itu, menurut Krist, arus mudik dan balik Lebaran sudah bukan fenomena Lebaran tahun ini.

"Yang akan terjadi adalah arus silaturahim lokal," ujar Krist dalam keterangannya kepada Kompas.com, Kamis (14/5/2020).

Baca juga: 6 Ruas Tol Milik Astra Beroperasi Normal Selama Larangan Mudik 2020

Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya lonjakan arus silaturahim Lebaran 2020, enam ruas jalan tol Astra Infra sepanjang 350 kilometer akan disiagakan.

Keenam ruas itu adalah Tangerang-Merak (Tamer), Cikopo-Palimanan (Cipali), Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, dan Kunciran-Serpong.

Kesiapan menyangkut berbagai layanan operasional, fasilitas pendukung layanan, dan berbagai pusat diseminasi informasi dengan tetap menjalankan kebijakan, prosedur, maupun mekanisme mitigasi, pencegahan, dan penanganan Covid-19.

Layanan operasional yang disiapkan dimulai dari layanan transaksi di gerbang tol (GT), kesiagaan kendaraan pelayanan lalu lintas seperti derek, patroli, dan petugas, serta penyediaan ambulans khusus untuk penanganan kasus Covid-19.

Untuk fasilitas pendukung di antaranya optimalisasi monitoring 24 jam melalui surveillance dan kamera CCTV di berbagai area, dan Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) dengan berbagai fasilitasnya yang tetap buka.

Kemudian, peningkatan layanan mitigasi Covid-19 seperti ruang observasi sementara, serta posko kesehatan di TIP melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan ataupun RS daerah.

Beberapa penerapan protokol Covid-19 yang diberlakukan di TIP yaitu penerapan physical distancing, memperbanyak fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, serta penggunaan masker.

“Kami siap melayani silaturahim masyarakat dengan tetap memberi rasa aman,” tuntas Krist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com