Kadin, Apindo, dan REI Desak Pemerintah Perhatikan Sektor Properti

Kompas.com - 14/05/2020, 17:30 WIB
Saat ini jumlah rumah tapak yang sudah dikembangkan mencapai sekitar 3000 unit, dan 2000 unit di antaranya telah dihuni. Dok ModernlandSaat ini jumlah rumah tapak yang sudah dikembangkan mencapai sekitar 3000 unit, dan 2000 unit di antaranya telah dihuni.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah tekanan Pandemi Covid-19, para pengembang berupaya untuk mempertahankan kelangsungan usaha beserta nasib jutaan pekerja di sektor properti dan industri ikutannya.

Oleh karena itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo), dan Real Estat Indonesia ( REI) mendesak Pemerintah untuk lebih memperhatikan sektor properti.

Desakan ini bulan tanpa alasan. Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti Hendro Gondokusumo, dalam situasi pandemi saat ini pergerakan sektor properti dalam negeri perlu dioptimalkan.

Hendro menuturkan, industri properti Indonesia memiliki kandungan lokal sebanyak 90 persen, dengan angka terbanyak merupakan pengembangan rumah sederhana.

“Sekarang saatnya untuk memaksimalkan potensi lokal. Ini sangat strategis untuk menggerakkan perekonomian kita," ungkap Hendro dalam Konferensi Pers yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (14/5/2020).

Baca juga: Beli Properti di Tengah Krisis, Perhatikan Hal Ini!

Menurut Hendro, kedudukan sektor properti sangat berkaitan erat dengan 175 industri lainnya yang bergerak dengan keterkaitan langsung dan tidak langsung.

"Industri properti memiliki pangsa permintaan akhir 33,9 persen sehingga ini yang menjadikan industri properti sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional,” imbuh Hendro.

Menurutnya, angka ini menunjukkan efek domino yang tinggi, apabila sektor properti dapat diperhatikan pemerintah.

Sementara Ketua Bidang Properti Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sanny Iskandar mengatakan, keberlangsungan usaha properti dalam kondisi pandemik juga akan sangat berimbas pada persoalan ketenagakerjaan.

Berdasarkan hasil kajian terbatas Kadin, Apindo dan REI, jika industri properti dan industri ikutannya terganggu, maka sekitar 30 juta pekerja akan terdampak. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X