BTN Siap Salurkan Subsidi Selisih Bunga Mei Ini

Kompas.com - 14/05/2020, 17:00 WIB
Pahala N Mansury KOMPAS.com/ MOH NADLIRPahala N Mansury

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyalurkan Subsidi Selisih Bunga ( SSB) untuk mendorong pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR).

Subsidi ini dianggap PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN sebagai angin segar di tengah Pandemi Covid-19 yang memukul berbagai sektor ekonomi.

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan, SSB merupakan bagian dari stimulus pemerintah paket kedua.

SSB tersebut diproyeksikan dapat digunakan untuk mendukung 146.000 unit rumah yang akan disalurkan kepada MBR yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Sambut Lebaran, BTN Tawarkan KPR Ketupat Beruntung” hingga 30 Tahun

"Kami siap menyalurkannya segera," ujar Pahala dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (15/5/2020).

Menurut dia, stimulus ini sangat bermanfaat karena dibutuhkan untuk mendukung sektor pembiayaan perumahan MBR.

Dengan asumsi 146.000 unit, maka total kredit yang dapat disalurkan BTN mencapai sekitar Rp 22 triliun.

Angka ini dianggap cukup untuk membantu MBR, dan likuiditas BTN sangat mendukung apalagi dengan penurunan giro wajib minimum (GWM) dan dana pihak ketiga (DPK) perseroan sampai Maret Tahun 2020 tercatat mengalami pertumbuhan.

Pahala menjelaskan, likuiditas BTN cukup aman dan terjaga. Sementara rasio Aset Likuid terhadap Non-Core Deposit (AL/NCD) terjaga di atas 80 persen. Komposisi ini melebihi 50 persen yang dipatok Pemerintah.

“SSB dapat menggairahkan sektor properti yang saat ini terpukul pandemi Covid-19, karena dapat mendorong permintaan dan bisa menggerakkan pengembang properti berikut 172 sektor industri lainnya," urai Pahala.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X