Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Resmi Garap Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

Kompas.com - 07/09/2020, 12:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) memulai pembangunan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Konstruksi jalan bebas hambatan ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilaksanakan pada Senin (7/9/2020).

Group CEO ASTRA Infra Djap Tet Fa mengatakan, tol akses BIJB Kertajati terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan yang dimulai dari KM 158+700 dan menghubungkan langsung tol tersebut dengan BIJB Kertajati.

Nantinya Jalan Tol Akses BIJB Kertajati juga akan terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan Kota Bandung dan wilayah sekitarnya.

Jalan berbayar ini dibangun dengan panjang 3,7 kilometer dengan lebar lajur 3,6 meter dan memiliki empat buah lajur untuk dua arah.

Baca juga: Tinggal Selangkah, Bandara Kertajati Bisa Dijangkau dari Dua Akses

Pembangunan tol ini disebut akan mempermudah konektivitas dan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar.

"Pembangunan tol akses Kertajati ini juga akan melengkapi keberadaan BIJB Kertajati yang merupakan kebanggan Jawa Barat dan Majalengk pada khususnya," ujar Djap Tet Fa melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com.

Dia menambahkan, proses konstruksi tol akses BIJB Kertajati diprediksi akan berlangsung selama 12 bulan. Dengan demikian, jalan ini diharapkan dapat beroperasi pada November 2021.

"Namun diharapkan pada bulan Juli 2021 dapat digunakan untuk uji coba fungsi dan laik operasi oleh Kementerian PUPR untuk keberangkatan jemaah haji Provinsi Jawa Barat yang berpusat di BIJB Kertajati," ucap Djap Tet Fa.

Pembangunan tol ini menelan biaya Rp 692 miliar yang didukung oleh Kreditur Sindikasi yang
dipimpin oleh PT Bank Central Asia Tbk dengan anggota PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), PT Bank Panin Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Indonesia Infrastructure Finance, BPD Jabar dan Banten, Bank DKI dan Bank ICBC Indonesia.

Baca juga: Ada Salim, Saratoga, dan Astra di Tiga Proyek Jalan Tol Baru

Adapun konstruksinya dilakukan oleh Project Management Consultant ASTRA Infra Solutions beserta kontraktor pelaksana PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. dengan konsultan supervisi PT Mitrapacific Consulindo International dan konsultan pengendalian mutu independen PT Eskapindo Matra.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com