Ada Salim, Saratoga, dan Astra di Tiga Proyek Jalan Tol Baru

Kompas.com - 13/03/2020, 16:21 WIB
ilustrasi jalan tol ilustrasi jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menggelar penjajakan minat pasar atau market sounding  kepada investor untuk lima proyek infrastruktur baru pada Rabu (11/3/2020).

Tiga di antara lima proyek dengan total nilai Rp 57,18 triliun itu adalah Tol Layang Cikunir-Karawaci, Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg, dan Tol Bogor-Serpong via Parung.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit mengungkapkan, seluruh dari tiga proyek jalan bebas hambatan tersebut diajukan oleh investor pemrakarsa.

Para investor pemrakarsa ini membentuk perusahaan konsorsium baru. Masing-masing konsorsium PT Earth Investment Indonesia-PT Lintas Indonesia Sejahtera (Saratoga Group) sebagai pemrakarsa proyek Tol Layang Cikuri-Karawaci.

Baca juga: Ini Rincian Lima Proyek Infrastruktur Rp 57,18 Triliun yang Ditawarkan ke Swasta

Kemudian konsorsium PT Duta Graha Karya-Salim Group sebagai pemrakarsa Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg, dan konsorsium PT Pamapersada Nusantara-Astra Group sebagai pemrakarsa Tol Bogor-Serpong via Parung.

Namun, meskipun merupakan pemrakarsa, mereka tetap harus mengikuti proses lelang.

"Selayaknya proses lelang, jika nanti ada pihak lain menawarkan harga yang lebih rendah, maka pihak pemrakarsa berhak untuk menyamakan penawaran (right to match)," ungkap Danang menjawab Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

Terkait keterlibatan Astra Group, CEO Group Business Astra Toll Kris Ade Sudiyono enggan memberikan komentar.

Hal ini karena yang memprakarsai Tol Bogor-Serpong via Parung adalah perusahaan PT Pamapersada Nusantara yang merupakan bagian dari Astra Group, bukan di bawah naungan Astra Infra.

"Mohon maaf, yang mengajukan teman teman PT Pamapersada. Saya kurang bijak memberi komentar," kata Kris.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X