Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal Selangkah, Bandara Kertajati Bisa Dijangkau dari Dua Akses

Kompas.com - 06/09/2019, 11:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tahapan pengadaan infrastruktur konektivitas berupa akses langsung menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, tinggal selangkah lagi.

"Harapannya, seluruh proses pembebasan lahan rampung sebelum tahun 2019 berakhir dan tahun depan konstruksinya sudah dimulai," ungkap Kepala Badang Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menjawab Kompas.com, Kamis (5/9/2019).

Oleh karena itu, lanjut Danang, dukungan penuh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sangat diharapkan guna merealisasikan akses langsung ini.

"Dua akses langsung tersebut akan sangat berdampak signifikan terhadap traffic menuju BIJB Kertajati. Selain itu, juga memudahkan masyarakat untuk melakukan aktivitasnya di sekitar aero city Kertajati," tutur Danang.

Baca juga: Tol Cisumdawu, Jalan Bebas Hambatan Terindah di Indonesia

Selama ini, pengadaan lahan masih menjadi kendala terbesar dalam pembangunan jalan tol maupun akses langsung ke fasilitas infrastruktur vital seperti bandara.

Padahal, jarak tempuhnya hanya sepelemparan batu. Namun, karena terganjal lahan, pembangunan akses langsung tersebut menjadi terhambat.

Terkait hal ini Kepala Dinas Bina Marga Pemprov Jawa Barat A Koswara memastikan dukungan penuh pengadaan lahan.

"Insya Allah, sudah bebas semuanya pada Desember 2019. Selain itu, dukungan provinsi pun akan berupa peningkatan status jalan dari provinsi menjadi jalan nasional guna memperlancar akses eksisting menuju BIJB," imbuh Koswara.

Dua akses

Adapun dua akses yang dimaksud, akan dibuka dari arah Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang masing-masing hanya berjarak 6 kilometer dan 2 kilometer.

Menurut Danang, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Tol Cipali sudah siap mengerjakan akses langsung ini. Kesiapan tersebut menyangkut dana, sumber daya manusia, dan desain.

"Mereka sudah sangat siap. Tinggal menunggu ketersediaan lahannya dan surat rekomendasi dari Pemprov Jabar," kata Danang.

Dalam catatan Kompas.com, LMS telah lama menyatakan kesiapannya membangun tol akses sepanjang 6 kilometer menuju BIJB demi kelancaran konektivitas, dan pertumbuhan ekonomi kawasan Kertajati.

Wakil Presiden Direktur PT LMS Firdaus Azis menyampaikan kesiapan tersebut kepada Kompas.com, saat Tur Inspirasi Tol Trans-Jawa, Minggu (24/2/2019).

"Perizinan dari BPJT sudah kami dapatkan. Demikian halnya dengan Detail Engineering Design (DED) juga sudah disetujui. Urusan financing pun kami sudah siap," kata Firdaus.

LMS akan mengalokasikan 7 sampai 8 persen atau sekitar Rp 667 miliar dari fasilitas pinjaman sindikasi sebesar Rp 8,89 triliun, yang diteken pada 19 September 2018.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com