Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Terus Berlanjut, Ini Progresnya

Kompas.com - 02/09/2020, 14:19 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tetap melanjutkan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) selama pandemi.

Sejumlah pencapaian selama pembangunan ditorehkan, seperti tuntasnya konstruksi portal beam yang melintang di atas Jalan Tol Cikarang.

Selain itu, PT KCIC juga melakukan instalasi box girder di Kawasan Casting Yard #1 yang merupakan lokasi produksi girder box terbesar di Indonesia seluas 165.500 meter persegi pada Rabu (2/9/2020).

Baca juga: KCIC Bantah Genangan di Tol Padaleunyi Disebabkan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Box girder kereta cepat telah siap di lokasi Casting Yard dan akan segera dilakukan instalasi. Dari tempat produksinya, box girder tersebut akan diantar oleh transporter untuk selanjutnya diinstal dengan mesin launcher.

Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra menyebutkan, mesin ini merupakan yang terbesar dan pertama digunakan di Indonesia.

Kelebihannya adalah, mesin tersebut dapat melakukan instalasi box girder yang bisa memuat dua lintasan kereta di atasnya.

Box girder kereta cepat telah siap di lokasi Casting Yard dan akan segera dilakukan instalasi. PT KCIC Box girder kereta cepat telah siap di lokasi Casting Yard dan akan segera dilakukan instalasi.
Selain di Cikarang, instalasi girder ini dilaksanakan pada dua Casting Yard kereta cepat lainnya secara simultan yakni di Purwakarta dan Kabupaten Bandung.

"Tak hanya di Cikarang, instalasi girder telah dilakukan di Casting Yard #2 yang berlokasi di area Karawang pada Selasa (1/9) dan besok hari Kamis (3/9/2020) di Casting Yard #4 Kota Bandung," ucap Chandra melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com.

Chandra menambahkan, alat launcher yang digunakan memiliki produktivitas yang tinggi. Dalam satu hari, mesin tersebut dapat memasang 1-3 box girder.

Selain itu, perusahaan telah menyelesaikan konstruksi setengah dari total 2.900 batang pier struktur elevated kereta cepat.

Baca juga: KCIC Klaim Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Serap 10.537 Pekerja Lokal

Proses instalasi tersebut merupakan langkah penting dalam pembangunan agar seluruh trase dapat tersambung. Dengan demikian, dia berharap seluruh pier dapat terangkai segera.

"Pier kereta cepat telah banyak berdiri kokoh dan siap untuk dirangkai. Proses instalasi ini menjadi fokus penting yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin untuk memastikan seluruh trase segera tersambung," kata Chandra.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com