Rencana Tol Layang JORR Masuki Tahap Perizinan Lelang

Kompas.com - 18/08/2020, 11:52 WIB
ilustrasi jalan tol ilustrasi jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres rencana pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau JORR Elevated memasuki proses perizinan untuk memulai tender (lelang).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit mengatakan hal tersebut ketika menjawab pertanyaan Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

"Ini baru masuk proses untuk ijin mulai lelang," ujar Danang.

Meski demikian, Danang memastikan, BPJT akan tetap memperhatikan hasil konsultasi publik mengenai jalan bebas hambatan yang dibangun dengan struktur melayang tersebut.

Hal ini mengingat dalam Konsultasi Publik rencana Pembangunan Jalan Tol JORR elevated Ruas Cikunir-Ulujami pada Rabu (12/8/2020) masyarakat menyuarakan keberatan.

Baca juga: GT Cikunir 4 Beroperasi 11 Agustus, Tarif Tol JORR Tak Berubah

Untuk itu, proses pra-kualifikasi tender harus menunggu penentuan dan penetapan lokasi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sebagai informasi, Tol Layang JORR ini diprakarsai oleh PT Nusantara Infrastructure Tbk bersama PT Triputra Utama Selaras (TUS), PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) dan PT Acset Indonusa Tbk. (ACST).

Guna merealisasikan tol ini, mereka sepakat membentuk perusahaan konsorsium bernama Jakarta Metro Expressway (JMEX).

Dalam rancangan kerjanya, Tol JORR Elevated yang menghubungkan Ulujami-Pondok Indah-TMII-Jati Asih ini didesain sepanjang 22 kilometer dengan estimasi nilai investasi Rp 21,5 triliun.

GM Corporate Affairs PT Nusantara Infrastructure Tbk Deden Rochmawaty menuturkan, izin prinsip pengembangan tol layang ini telah diterbitkan oleh Kementerian PUPR sejak 11 Desember 2018.

"Sementara izin prakarsanya baru kami dapatkan pada 21 Januari 2020. Melalui proyek ini, kami berharap akan ada kenaikan yang cukup signifikan pada pendapatan sekaligus meningkatkan nilai aset perusahaan hingga 5 kali lipat," tutur Deden.

Saat ini, Jakarta Metro Expressway tengah mempersiapkan berbagai dokumen terkait untuk tahap pra-kualifikasi tender.

Menurut Deden, Tol JORR Eleveted merupakan jalan tol strategis yang diusulkan menjadi bagian dari jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan terintegrasi dengan Tol Jakarta-Cikampek II (Selatan).

Selain itu, pembangunan ini juga ditujukan untuk mengurai kemacetan dan beban lalu lintas tol dalam kota.

 



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X