Bertahan di Tengah Pandemi, Ini Rekomendasi Bagi "Co-working Space"

Kompas.com - 28/07/2020, 21:00 WIB
Salah satu ruang di co-working space JustCo di Sequis Tower, Jakarta. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEASalah satu ruang di co-working space JustCo di Sequis Tower, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama pandemi, sebagian besar operator ruang kerja bersama atau co-working space di Jakarta memutuskan untuk menutup operasinya.

Meski begitu, beberapa operator masih memutuskan tetap menjalankan bisnis mereka dengan menerapkan protokol kesehatan dan penjarakan sosial.

Mereka optimistis masih ada peluang setelah pandemi. Ini karena, co-working space pada dasarnya menawarkan beberapa keuntungan terutama bagi bisnis skala kecil hingga menengah.

"Kami melihat bahwa tren ini kemungkinan akan berlanjut," kata Director Research Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus dalam laporan yang dikutip Kompas.com, Selasa (28/7/2020).

Baca juga: Selama Pandemi, Sewa Co-Working Space Didiskon sampai 60 Persen

Untuk itu, selama pandemi banyak operator yang mulai beralih dan fokus pada format online seperti meluncurkan acara untuk mendukung anggota mereka agar tetap terhubung.

Oleh karenanya, Anton menyarankan agar operator melakukan penyesuaian terhadap bisnisnya. Selain itu, operator juga perlu melakukan penyesuaian terhadap model bisnis.

Menurutnya, operator co-working space perlu fleksibel seperti memberikan diskon, harga sewa yang lebih rendah untuk anggota baru, dan lainnya.

Kemudian operator perlu menerapkan standar khusus untuk kebersihan dan kesehatan.

Setelah pandemi berakhir, Anton memprediksi akan banyak orang yang menaruh perhatian lebih dalam aspek kesehatan.

Baca juga: Demi Bertahan di Tengah Pandemi, Hotel Ini Jadi Co-Working Space

Dengan demikian, operator diharapkan menerapkan standar kesehatan dan kebersihan yang tinggi pada seluruh ruangan di mana terjadi kontak dengan anggota lainnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X