Tiga Apartemen di Area TOD

Kompas.com - 20/07/2020, 16:19 WIB
Suasana uji coba penataan Stasiun Tanah Abang di Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2020). Penataan stasiun terintegrasi secara utuh dengan moda penumpang ataupun barang ini untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana uji coba penataan Stasiun Tanah Abang di Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2020). Penataan stasiun terintegrasi secara utuh dengan moda penumpang ataupun barang ini untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabek-Punjur).

Beleid yang diteken pada 13 April 2020 itu diterbitkan untuk menyelesaikan enam isu strategis di kawasan Jabodetabek-Punjur, salah satunya kemacetan.

Guna membereskan masalah kemacetan ini, Pemerintah menyiapkan 24 rencana titik pengembangan Transit Oriented Development ( TOD) dari sistem jaringan perkeretaapian.

Dari daftar panjang 24 titik tersebut, ada tiga titik pengembangan TOD yang berada di Jakarta yakni, Lebak Bulus, Fatmawati, dan Cipete.

Baca juga: Lahan, Tantangan Terbesar Pembangunan Hunian Berbasis TOD

Menurut Senior Associate Colliers International Indonesia Ferry Salanto,  apartemen yang dibangun dengan basis TOD akan dilirik oleh calon konsumen.

"Hal ini karena waktu tempuh atau time travel menjadi pertimbangan utama, bukan lagi jarak tempuh," kata Ferry menjawab Kompas.com, saat Property Market Outlook Q2, pekan lalu.

Lantas, proyek hunian apa saja yang tengah dikembangkan dan dekat di ketiga TOD tersebut?

1. Synthesis Homes

Proyek perumahan Synthesis Homes ini dikembangkan oleh Synthesis Development dengan menerapkan hunian berkonsep TOD yang lokasinya dekat MRT Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Synthesis Development secara resmi meluncurkan Synthesis Homes pada tahun 2019 silam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X