Jawa Tengah "Trending", Bakal Primadona Baru Kawasan Industri?

Kompas.com - 07/07/2020, 07:00 WIB
Kawasan Industri Kendal (KIK) Kontributor Kendal, Slamet PriyatinKawasan Industri Kendal (KIK)

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jawa Tengah kembali trending dan mengalihkan perhatian para investor pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Kawasan Industri ( KI) Terpadu Batang di Kabupaten Batang, pada Selasa (30/6/2020).

Sebelumnya, nama provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo ini sempat mencuat pada 2019 lalu ketika disebut-sebut sebagai tempat relokasi 33 perusahaan multinasional yang hengkang dari China.

Meski pada akhirnya tak satu pun dari perusahaan tersebut merealisasikan investasinya, namun Jawa Tengah tetap dilirik banyak investor.

Selain PT PP (Persero) Tbk, PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero), dan PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) yang berkongsi membangun KI Terpadu Batang, banyak nama besar lain yang mengikuti.

Argo Manunggal Group, contohnya. Konglomerasi yang dimiliki taipan The Nin King ini akan merealisasikan rencananya mengembangkan KI Aviarna pada Kuartal III-2020.

Baca juga: Argo Manunggal Rilis Kawasan Industri di Jawa Tengah Kuartal III-2020

KI Aviarna merupakan kawasan industri kedua setelah MM2100 yang mereka bangun bersama Marubeni (perusahaan multinasional asal Jepang).

Berlokasi di dekat Bandara Internasional Ahmad Yani, KI Aviarna dirancang seluas 460 hektar dengan konsentrasi pada industri aviasi.

Di dalamnya terdapat area untuk perbaikan pesawat atau maintenance repair overhaul (MRO), kawasan dry port, area komersial, serta kawasan mangrove yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Jauh sebelumnya, PT Jababeka Tbk telah lebih dulu masuk Jawa Tengah dengan menggarap KI Kendal atau Kendal Industrial Park seluas 2.200 hektar.

Mereka menggandeng Sembawang Corporation Development Ltd, BUMN asal Singapura, dan membentuk PT Kawasan Industri Kendal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X