Tol Pandaan-Malang Raih Sertifikat "Green Toll Road"

Kompas.com - 03/07/2020, 19:00 WIB
Tol Pandaaan-Malang Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRTol Pandaaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan seluruh ruas Jalan Tol Pandaan-Malang.

Tol yang dibangun sepanjang 38,48 kilometer ini diganjar Sertifikat Green Toll Road Indonesia dengan level Gold Plus.

Proses sertifikasi dilakukan oleh Green Infrastucture and Facilities Indonesia yang merupakan sub divisi Green Product Council Indonesia (GPCI), organisasi nirlaba di bawah naungan Global Ecolabel Network (GEN).

Penilaian Green Toll Road Indonesia meliputi enam indikator seperti akses, kelayakan dan pelayanan, efisiensi energi dan air, lingkungan, material, konstruksi serta kerjasama kewilayahan.

Baca juga: Jasa Marga Bidik Emas Green Toll Road Tol Gempol-Pandaan-Malang

Indikator tersebut memiliki tujuan sebagaimana tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs) United Nations.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga didorong untuk meningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan.

"Kami menyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest area-nya," kata Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/7/2020).

Tol Pandaan-MalangDok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Pandaan-Malang
Basuki menuturkan, pembangunan infrastruktur tidak hanya bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi namun juga memperhatikan kelestarian lingkungan dan berkelanjutan.

Upaya itu, sebut Basuki, dilakukan dengan mengembangkan konsep infrastruktur hijau yang mencakup sistem alamiah (natural system) dan solusi teknis (engineered solution).

Dia menambahkan, Tol Pandaan-Malang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang dan dikelola oleh BUJT PT Jasamarga Pandaan Malang.

Sebelumnya Kementerian PUPR telah menyetujui pengoperasian ruas Tol Pandaan-Malang seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,1 km setelah dinyatakan lulus uji laik fungsi oleh Ditjen Bina Marga.

Tol Pandaan-Malang seksi 5 merupakan bagian terakhir dari Jalan Tol Pandaan-Malang yang dioperasikan.

Secara keseluruhan, jalan tol ini dibangun dengan lima seksi. Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 38,48 kilometer, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 kilometer, dan Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,1 kilometer.

Kemudian Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,7 kilometer serta Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,1 kilometer.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X