Tiang Listrik Hambat Proyek Jalan Kawasan Wisata Premium Labuan Bajo

Kompas.com - 28/06/2020, 21:50 WIB
Tiang listrik di sepanjang jalan di ruas jalan Soekarno Hatta bawah sejauh 1,95 kilometer KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERETiang listrik di sepanjang jalan di ruas jalan Soekarno Hatta bawah sejauh 1,95 kilometer

KUPANG, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Timur (NTT), sedang mengerjakan proyek pembangunan jalan strategis nasional super prioritas Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Namun, pembangunan ruas jalan demi mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Premium Labuan Bajo terhambat ratusan tiang listrik milik PT PLN (Persero) yang tersebar di sepanjang jalan.

Kendati demikian, perkembangan konstruksi fisik masih sesuai target yang sudah ditetapkan.

"Progres pembangunan saat ini telah mencapai rata-rata 11 persen terhadap kontrak dan masih sesuai dengan target awal," ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.1 Provinsi NTT, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III David M Samosir kepada Kompas.com, di Labuan Bajo, Minggu (28/6/2020).

Baca juga: Kontrak Paket Infrastruktur KSPN Premium Labuan Bajo Ditandatangani

Hanya, David mewanti-wanti, target pembangunan bisa molor jika kendala-kendala seperti tiang listrik ini tidak segera diatasi.

Padahal, sudah ada perjanjian bersama pihak PLN serta sejumlah pihak terkait untuk memindahkan tiang listrik tersebut sejak Bulan Februari 2020 lalu.

Selain tiang listrik, David mengakui, dalam pengerjaan proyek peningkatan jalan, penataan trotoar dan drainase jalan di Labuan Bajo, terdapat beberapa kendala lainnya seperti pengadaan tanah.

Namun, masalah itu bisa diselesaikan, karena didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat dan masyarakat.

Untuk mempercepat, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III pun terpaksa mengerjakan proyek tersebut secara acak sesuai dengan kondisi lahan yang bisa digarap di antara tiang listrik.

David berharap, masing-masing pihak menjalankan peran dan tanggung jawabnya sesuai dengan perjanjian kerja sama.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X