Kompas.com - 28/03/2020, 20:31 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), membebaskan retribusi untuk semua hotel dan restoran di Labuan Bajo.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula mengatakan, kebijakan ini diambil lantaran virus Corona telah berdampak pada semua sektor.

"Ada kesepakatan antara Pemkab Manggarai Barat dan wajib pajak hotel dan restoran. Ini juga bagian dari taat asas, salah satunya yakni keadilan," ujar Agustinus kepada Kompas.com, Jumat (27/3/2020) petang.

Kebijakan itu dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Bupati dengan Nomor 900/PPKD/18/III/2020 dan ditandatangani pada Kamis, 26 Maret 2020.

Baca juga: Gara-gara Corona, Tingkat Hunian Hotel di Kupang Hanya 10 Persen

Menurut Agustinus, virus corona telah membuat perekonomian warga melorot dan kunjungan wisatawan langsung anjlok.

"Corona datang ekonomi rakyat menangis. Jadi, pembebasan retribusi ini dilakukan dengan kajian dan kesepakatan," kata Agustinus.

Keputusan Agustinus itu disambut baik Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Manggarai Barat Silvester Wangge.

Menurut Silvester, kebijakan ini merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah terhadap dunia usaha pariwisata yang terdampak Covid-19.

"Pembebasan retribusi ini sangat meringankan beban pelaku usaha karena kondisi pariwisata di Labuan Bajo dengan wisata unggulan Taman Nasional Komodo, saat ini sedang lesu," kata Silvester.

Saat ini, tingkat hunian kamar hotel di Labuan Bajo yang berjumlah 102 unit baik kecil maupun bintang lima, sangat sepi.

Kondisi yang sama juga terjadi pada usaha kuliner di restoran maupun Kampung Ujung yang sudah tidak ada lagi aktivitas, karena mengikuti imbauan pemerintah.

"Dengan pembebasan retribusi ini memang sangat membantu agar usaha pariwisata tetap bertahan selama masa sulit beelangsung," ujar Silvester.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.