Setelah Pandemi, Begini Prediksi Permintaan Klien Akan Desain Rumah

Kompas.com - 03/06/2020, 10:34 WIB
Ilustrasi seseorang melakukan kerja dari rumah atau work from home (WHF). SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOSIlustrasi seseorang melakukan kerja dari rumah atau work from home (WHF).

KOMPAS.com - Bagaimana dunia berubah setelah pandemi masih harus dilihat. Tapi satu hal yang pasti, cara dan kebiasaan manusia akan menyesuaikan keadaan, termasuk dalam merancang rumah tinggal.

"Desain akan menjadi lebih pibadi, karena orang menggunakan rumah untuk bekerja, belajar, dan seterusnya," kata desainer Christiane Lemieux.

Menurutnya, desainer harus sadar dan bijaksana tentang bagaimana membuat kehidupan lebih baik di ruang yang mereka miliki.

Pada masa depan, banyak orang memprediksi adanya perubahan baik dalam desain maupun permintaan klien untuk hunian mereka.

Apa saja permintaan klien dalam merancang rumah mereka?

Tata letak

Dilansir dari laman Architectural Digest, fleksibilitas adalah kunci dalam perencanaan ruang.

Desainer asal New York, Daun Curry mengatakan, saat ini ada pergeseran tata letak ruangan yang lebih tradisional.

Baca juga: Gambaran Desain Kantor Masa Depan Saat dan Setelah Pandemi

Memang saat ini rumah dengan denah terbuka menjadi favorit. Namun dengan merebaknya pandemi yang membuat banyak pekerja harus beraktivitas dari rumah, maka diperkirakan pemilik rumah akan menerapkan batas khusus antara ruang kerja dengan ruangan lainnya.

"Hidup dengan denah terbuka dan modern sangat populer karena banyak alasan, tetapi selama periode ini, kami menyadari hal itu bisa menjadi penghalang ketika aktivitas di tempat kerja menyatu dengan ruangan lainnya," ucap Curry.

Ruang didefinisikan dengan jelas

Para pemilik rumah yang menata kembali denah huniannya menggambarkan ruang adalah hal yang paling penting dalam membangun hunian yang efisien.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X