Kompas.com - 02/06/2020, 16:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan seluruh pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal rampung pada awal Juli mendatang

Hal tersebut disampaikan Jokowi ketika meninjau progres renovasi masjid bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Selasa (2/6/2020).

"Sampai hari ini, tadi sudah disampaikan progres renovasi telah selesai sekitar 90 persen dan Insya Allah awal bulan Juli 2020 ini rampung. Memang agak mundur, karena ada pandemi Covid-19," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa (2/6/2020).

Terkait rencana pembukaan kembali Masjid Istiqlal, Jokowi belum bisa memutuskan.

Namun, ia menyampaikan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nasaruddin agar pembukaan kembali masjid harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Renovasi Masjid Istiqlal Ditargetkan Rampung Juni 2020

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal dilaksanakan sesuai protokol pencegahan Covid-19 serta Inmen PUPR Nomor 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Pekerjaan renovasi ini dilaksanakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana dan PT Virama Karya selaku konsultan manajemen konstruksi.

Basuki menekankan kepada kontraktor pelaksana untuk tidak hanya memaksimalkan fungsi Masjid Istiqlal sebagai tempat ibadah, juga memperhatikan arsitektur, seni, estetika, dan tetap mempertahankan kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid.

Renovasi Masjid Istiqlal ini merupakan renovasi pertama dan terbesar sejak dibangun 41 tahun lalu.

Pekerjaan renovasi tersebut merupakan tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.