Pemerintah Bangun 30 Rusus Tipe 28 untuk Nelayan di Sulawesi Tenggara

Kompas.com - 01/06/2020, 17:01 WIB
Pemerintah membangun 30 unit rumah khusus (rusus) untuk nelayan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dok. TIM KOMUNIKASI PUBLIK SNVT PENYEDIAAN PERUMAHAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRPemerintah membangun 30 unit rumah khusus (rusus) untuk nelayan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Non Vertikal Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 30 unit rumah khusus (rusun) nelayan di Desa Laimeo, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Salah satu target pembangunan rusus adalah untuk para nelayan. Kami membangun rusus bagi nelayan yang membutuhkan hunian yang layak untuk kelangsungan hidup mereka,” ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara Hujurat dalam siaran pers, Senin (1/6/2020).

Kehadiran rusus ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para nelayan sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomiannya.

Hujurat meminta para nelayan untuk merawat rusus sebaik mungkin agar nyaman ditempati.

Sebagai informasi, rusus nelayan tersebut dibangun di atas lahan seluas satu hektar milik Pemerintah Desa Laimeo.

Dirancang seluas 28 meter persegi dan dekat dengan kawasan pesisir pantai sangat dekat untuk memudahkan akses bekerja para nelayan.

Baca juga: 25 Rusus Diserahkan kepada Warga Bantaran Sungai Ogan Komering Ulu

Rusus ini dibangun sejak tahun 2019 selama sekitar enam bulan.

“Total anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan rusus ini sebesar Rp 3,6 miliar," kata Hujurat. 

Para nelayan dan keluarganya diketahui telah menghuni rusus tersebut sejak awal tahun 2020.

Kepala Desa Laimeo Nurlia R mewakili para nelayan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menyediakan hunian layak bagi nelayan di daerah.

Nurlia mengungkapkan, masih banyak nelayan di daerahnya yang membutuhkan bantuan seperti rusus ini.

“Bantuan rusus ini sangat berarti bagi kami. Karena, selama ini banyak nelayan yang tinggal di rumah yang kurang layak huni,” tuntas Nurlia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X