Mal di Thailand Gunakan Pedal Pengganti Tombol Lift

Kompas.com - 21/05/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi pedal kaki yang digunakan sebagai pengganti tombol lift Mal Seacon Square, Bangkok, Thailand. malaysia.news.yahoo.comIlustrasi pedal kaki yang digunakan sebagai pengganti tombol lift Mal Seacon Square, Bangkok, Thailand.

KOMPAS.com - Thailand belum lama ini melonggarkan aturan pembatasan wilayah (lockdown) yang diterapkan selama dua bulan untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Relaksasi kebijakan lockdown  tersebut membuat seluruh pusat perbelanjaan atau mal di negara itu kembali dibuka.

Alhasil, masyarakat Thailand berbondong-bondong mendatanginya hingga terjadi fenomena panjangnya antrean.

Selain antrean mengular, ada hal menarik dalam pembukaan pusat perbelanjaan di Negeri Gajah Putih tersebut, yakni inovasi tombol lift.

Baca juga: APPBI Bantah Rumor Pembatasan Usia Pengunjung Saat Mal Dibuka Kembali

Inovasi tombol lift tersebut diperkenalkan pengelola Seacon Square. Mereka mulai menerapkannya saat lockdown dicabut.

Mal tersebut mengganti tombol lift yang biasanya diakses dengan cara ditekan dengan jari, kini diganti menjadi pedal kaki.

Inovasi tersebut diterapkan untuk mencegah penyebaran virus Corona dan membuat aktivitas berlanja di mal lebih nyaman, dan aman.

Pedal kaki tersebut memungkinkan para pengunjung mal dapat membuka atau menutup pintu, bahkan memilih lantai yang dituju.

Vice President Seacon Development Prote Sosothikul mengatakan, penggunaan pedal kaki ini bertujuan untuk memberikan ketenangan bagi pengunjung mal ketika harus menggunakan lift

"Cara paling cepat untuk terinfeksi (virus Corona) adalah ketika Anda menyentuh benda yang sudah terkontaminasi," kata Sosothikul seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (21/5/2020).

Baca juga: Pilih Selamatkan Arus Kas, Pengusaha Ritel Belum Bisa Berekspansi

Tak hanya mencegah penyebaran virus Corona di mal, pengelola pun mengatakan langkah ini untuk mengampanyekan gerakan menjaga kebersihan di seluruh mal.

Selain itu, pengelola juga menyediakan hand-sanitizer bagi pengunjung di depan lift yang tersedia.

Kemudian, pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun, serta menandai eskalator untuk menjaga jarak fisik antar-pengunjung mal.

Hingga saat ini, Thailand tercatat memiliki kasus terkonfirmasi positif virus Corona sebanyak 3.037 orang. Sementara, 53 orang dinyatakan meninggal dunia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X