Antisipasi Kemarau Panjang, Pemerintah Optimalkan Tampungan Air

Kompas.com - 21/05/2020, 13:25 WIB
Bendungan Rotiklat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRBendungan Rotiklat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengoptimalkan pengoperasian infrastruktur tampungan air di seluruh Indonesia. 

Hal ini guna mengantisipasi dampak kemarau panjang yang mengakibatkan kekeringan pada sumber air untuk pertanian dan air baku.

Optimalisasi infrastruktur tersebut juga untuk menjaga ketersediaan bahan pokok hasil pertanian dan air bersih terutama pada kondisi Pandemi Covid-19.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, Pemerintah harus menjamin beberapa hal pada masa pandemi Covid-19 untuk kebutuhan air yaitu pangan, kesehatan, dan pelayanan dasar.

"Maka dari itu, Kementerian PUPR berupaya melakukan langkah-langkah antisipasi menjamin ketersediaan air saat musim kemarau tiba,” kata Basuki seperti dikutip Kompas.com melalui laman Kementerian PUPR, Kamis (31/5/2020).

Berdasarkan data, total keseluruhan waduk yang beroperasional sebanyak 241 waduk. Jumlah tersebut meliputi 16 waduk utama dengan ketersediaan volume air sebesar 4.721 miliar meter kubik di area irigasi.

Rinciannya,10 waduk memiliki tinggi muka air normal meliputi Jatiluhur, Cirata, Saguling, Batutegi, Sutami, Wonorejo, Bili-Bili, Kalola, Way Rarem, dan Ponre-Ponre.

Sementara enam waduk lainnya memiliki tinggi muka air di bawah normal meliputi Kedungombo, Wonogiri, Wadas Lintang, Cacaban, Selorejo, dan Batu Bulan.

Selain waduk, Kementerian PUPR juga memantau ketersediaan air dari 4.227 embung dan 344 setu dengan total tampungan volume air sebesar 338,8 meter kubik.

Baca juga: Dua Paket Jaringan Irigasi di OKU Timur Segera Rampung

Selain itu, 7.914 sumur bor disiapkan dengan memanfaatkan jaringan irigasi air tanah dan air baku seluas 118.652 hektar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X