Jelang Lebaran, Tren Pendanaan di Akseleran Cenderung Meningkat

Kompas.com - 14/05/2020, 23:00 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran adalah momen penting bagi masyarakat muslim Indonesia setelah sebulan berpuasa.

Untuk menyambut Hari Raya ini, pengeluaran pun bisa lebih besar dibanding hari-hari biasa. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan harian, juga zakat, renovasi rumah, serta investasi lainnya.

Bagaimana saat Lebaran 2020 di tengah Pandemi Covid-19? Ternyata krisis tak memengaruhi jumlah pengeluaran rumah tangga jelang hari besar ummat Islam ini.

Akseleran justru mencatat nilai pendanaan memperlihatkan tren positif dibandingkan tahun 2019.

Baca juga: Akseleran Manfaatkan Pendanaan Seri A untuk Perluas Pasar UKM

Setidaknya, hingga akhir Maret 2020, terjadi kenaikan pendanaan hingga sebesar 30 persen atau mencapai hampir Rp 200 miliar dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

CEO & Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan mengatakan, dari sisi volumenya, kontribusi pendanaan oleh pendana ritel terbesar masih berasal dari rentang usia 35-54 tahun yang mencapai 41 persen.

Sedangkan dari sisi jumlah pendananya, kontribusi terbesar dari rentang usia 21-34 tahun yang mencapai 70,5 persen.

Tren positif ini masih tetap terjaga hingga Lebaran tiba seiring dengan para pendana ritel yang akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) pada pertengahan Mei sehingga memberikan kepada mereka banyak dana tambahan untuk dipinjamkan melalui Akseleran.

Hingga saat ini, Akseleran sudah menyalurkan total pinjaman usaha secara kumulatif sebesar Rp 1,23 triliun.

"Adapun selama empat bulan terakhir tahun ini, kami sudah menyalurkan total pinjaman usaha lebih dari Rp250 miliar kepada para pelaku usaha,” ujar Ivan di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Baca juga: Banyak Kredit Macet, Akseleran Stop Pinjaman Sektor Properti

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X