Ini Jurus Ciputra Hadapi Krisis Covid-19

Kompas.com - 13/05/2020, 15:44 WIB
Ciputra Group mencatat penjualan 200 persen untuk perumahan skala kota mandiri Citraland BSB City Semarang, Jawa Tengah. Ciputra GroupCiputra Group mencatat penjualan 200 persen untuk perumahan skala kota mandiri Citraland BSB City Semarang, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berdampak luas terhadap semua sektor, termasuk properti. Kesulitan penjualan dan potensi penurunan profit pun tidak bisa dihindari para pengembang.

Penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berujung pada pembatasan mobilitas, dan transportasi memaksa situasi sosial lebih sulit.

Akibatnya banyak terjadi pemangkasan gaji, pemutusan hubungan kerja (PHK), pengurangan produksi, pemberhentian operasi perusahaan, penyetopan proyek, dan lain sebaginya.

Tentu saja, masyarakat lebih mengutamakan kebutuhan sehari-hari dan memilih menunda untuk membeli properti.

Isu-isu tersebut mengakibatkan perbankan mulai memperketat penyaluran kredit untuk menjaga kualitas aset. 

Baca juga: Realisasi Investasi Properti Kuartal I-2020 Naik, Tembus Rp 100 Triliun

Selain itu, potensi tingkat pembatalan pembelian unit properti pun akan meningkat seiring munculnya isukeamanan, pemotongan gaji dan pengetatan kredit.

Karena itu, banyak pengembang akhirnya memutuskan untuk lebih fokus pada pengembangan pemasaran daring, ketimbang pemasaran konvensional.

Tujuannya, agar produksi properti tetap berjalan dan sektor properti terselamatkan. Hal ini karena sektor properti melibatkan 177 industri terkait, seperti industri semen, cat, besi, baja, keramik, saniter, dan lain sebagainya.

PT Ciputra Residence, contohnya, yang sudah mengintensifkan pemasaran digital dalam kurun tiga tahun terakhir.

Meski pada masa Pandemi Covid-19 mampu menjual produk baru senilai Rp 55 miliar dalam sehari, tetap saja belum mampu menyaingi pencapaian saat sebelum krisis.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X