Makin Maju, Progres Pembangunan RS UGM Tembus 60 Persen

Kompas.com - 12/05/2020, 09:00 WIB
Progres Pembangunan Lanjutan RS Akademik UGM Sebagai RS Rujukan COVID-19 di Yogyakarta Capai 60 %, Ditargetkan Rampung Sebelum Lebaran 2020 Dok. PUPRProgres Pembangunan Lanjutan RS Akademik UGM Sebagai RS Rujukan COVID-19 di Yogyakarta Capai 60 %, Ditargetkan Rampung Sebelum Lebaran 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Rumah Sakit (RS) Akademik Universitas Gajah Mada ( UGM) sebagai RS rujukan penanganan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta telah mencapai 60 persen.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan RS ini rampung sebelum Lebaran nanti.

"Saat ini progres penyelesaian pembangunan secara keseluruhan mencapai 60 persen dan diharapkan dapat rampung sebelum Lebaran Idul Fitri tahun 2020 nanti," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Senin (11/5/2020).

Pembangunan RS ini telah dilanjutkan kembali setelah sempat mandek pada 2010.

Baca juga: Sempat Terhenti, Pembangunan RS Akademi UGM Dilanjutkan

Menurut Basuki, berdasarkan hasil penilaian teknis Balitbang PUPR, secara struktur gedung RS masih baik dan bisa dipakai.

"Dengan demikian, penyelesaian RS ini tidak memakan waktu terlalu lama, karena kita menggunakan sistem moduler sehingga tinggal pemasangan saja," tuturnya.

RS tersebut terdiri dari dua gedung masing-masing terdiri dari lima lantai dengan luas seluruhnya sekitar 8.600 m2," kata Menteri Basuki.

Penyelesaian RS Akademik UGM masuk dalam proyek refocusing kegiatan Kementerian PUPR Rp1,829 triliun untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19.

RS Akademik UGM memiliki kapasitas total sebanyak 107 tempat tidur dengan rincian 80 tempat tidur rawat inap, 2 tempat tidur ruang tindakan dan 25 tempat tidur ruang isolasi.

Gedung Yudhistira dengan luas 4.177 meter persegi memiliki kapasitas 38 tempat tidur. Gedung Arjuna dengan luas 4.505 m2 memiliki kapasitas 69 tempat tidur.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X