Kementerian PUPR Siapkan Rp 1,82 Triliun "Refocussing" Kegiatan 2020

Kompas.com - 11/05/2020, 22:30 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam Konsultasi Regional (Konreg) PUPR 2020 di Manado, Senin (2/3/2020). Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam Konsultasi Regional (Konreg) PUPR 2020 di Manado, Senin (2/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain merealokasi anggaran, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga menjalankan refocussing kegiatan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna mendukung penanganan serta mitigasi dampak Covid-19.

Anggaran yang digelontorkan untuk kegiatan ini sebesar Rp 1,82 triliun.

"Total refocussing kegiatan Rp 1,82 triliun," ujar Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI, Senin (11/5/2020).

Baca juga: Anggaran Kementerian Pimpinan Basuki Dipangkas Jadi Rp 75,632 Triliun

Dana itu dimanfaatkan untuk Pembangunan Fasilitas Penampungan Observasi/Karantina Tahap II di Pulau Galang dan Penyelesaian Rumah Sakit Akademik UGM sebagai RS Rujukan Penanganan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Keduanya menyerap anggaran sebesar Rp 400 miliar. 

Program lainnya yakni Rehabilitasi dan Renovasi (Operasionalisasi) 10 menara Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat, dengan anggaran sebesar Rp 160 miliar. 

Selanjutnya, kebutuhan internal mendesak mengatasi pandemi di lingkungan Kementerian PUPR di seluruh Indonesia dengan anggaran sebesar Rp 244 miliar. 

Refocussing kegiatan juga dilakukan untuk pembelian resin produksi Perhutani sebesar 834 ton dengan dana Rp 25 miliar. Kegiatan ini dilakukan untuk pengecatan jalan di 17 provinsi.

Ada pula kegiatan pembelian 12.500 ton karet sebagai campuran aspal karet dari petani di 9 provinsi dengan anggaran Rp 100 miliar. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X